Terobosan Digital Terkini: Hong Kong Memulai Fase Baru dalam Uji Coba Mata Uang Digital

author:

Terobosan Digital Terkini: Hong Kong Memulai Fase Baru dalam Uji Coba Mata Uang Digital

Hong Kong, melalui Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA), telah memasuki fase kedua dari program pilot mata uang digital bank sentral (CBDC) yang dikenal sebagai e-Hong Kong Dollar (e-HKD).

Langkah ini menandai kemajuan signifikan dalam upaya Hong Kong untuk memperkuat posisinya dalam ekosistem keuangan digital global.

Fase Baru Uji Coba e-HKD

uji coba cbdc hong kong
Sumber: X

Fase kedua dari program pilot e-HKD ini menawarkan kesempatan bagi para pelaku industri untuk mengajukan dan menguji potensi kasus penggunaan CBDC.

Baca juga: Hong Kong Siap Luncurkan ETF Ethereum Spot, Berpotensi Kalahkan Amerika Serikat!

HKMA telah menetapkan batas waktu hingga 17 Mei 2024untuk pengajuan aplikasi, dengan ekspektasi bahwa fase ini akan berlangsung hingga pertengahan 2025. Ini memberikan waktu yang cukup bagi peserta untuk menguji dan mengevaluasi kasus penggunaan yang mereka usulkan.

Selain itu, HKMA juga berencana untuk menyelami lebih dalam beberapa area kunci dari fase pertama, termasuk programmability, tokenisasi, dan penyelesaian atomik. Fase ini juga akan mengeksplorasi kasus penggunaan baru yang belum tercakup dalam fase sebelumnya, menjanjikan inovasi dan aplikasi yang lebih luas dari e-HKD.

Pedoman dan Kriteria Seleksi

HKMA telah menyediakan pedoman bagi mereka yang ingin berpartisipasi dalam pilot ini. Aplikasi akan dinilai berdasarkan elemen inovatif atau keunikan mereka dari penawaran pasar yang ada, dampak terhadap pengalaman konsumen, kesiapan untuk pengujian pasar, kepatuhan terhadap regulasi yang ada, dan bagaimana mereka memaksimalkan penggunaan e-HKD di Hong Kong.

Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi “Fintech 2025” Hong Kong, yang diluncurkan pada tahun 2021. Tujuannya adalah untuk mempromosikan adopsi keuangan digital di wilayah administratif khusus ini hingga tahun 2025.

HKMA telah melakukan penelitian tentang CBDC sejak tahun 2017 untuk memahami aplikasi potensial mereka dan saat ini meningkatkan upayanya untuk meningkatkan kesiapan Hong Kong dalam menerbitkan CBDC di tingkat grosir dan ritel.

Baca juga: Hong Kong Gelontorkan Dana $3 Miliar untuk Pengembangan Kecerdasan Buatan (AI)

Kolaborasi dengan Institusi Terkemuka

Institusi ternama seperti Visa telah berpartisipasi dalam pilot e-HKD. Pada 1 November, Visa menyelesaikan uji coba pilot dolar Hong Kong digitalnya dengan bank lokal HSBC dan Hang Seng Bank. Percobaan ini melibatkan tokenisasi deposit, di mana uang dicetak di buku besar blockchain dengan dukungan dari neraca.

Langkah ini menunjukkan komitmen Hong Kong untuk menjadi pemimpin dalam inovasi keuangan digital dan CBDC.

Dengan memanfaatkan teknologi blockchain dan fitur-fitur canggih seperti tokenisasi dan penyelesaian atomik, Hong Kong berada di garis depan dalam menerapkan solusi keuangan digital yang aman, efisien, dan inovatif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoRank