ETF Spot Bitcoin dan Ethereum Hong Kong Siap Meluncur pada Akhir April 2024!

author:

ETF Spot Bitcoin dan Ethereum Hong Kong Siap Meluncur pada Akhir April 2024!

Jakarta, Pintu News – Hong Kong bersiap untuk mengambil langkah besar dalam industri keuangan dengan memperkenalkan perdagangan ETF (Exchange-Traded Funds) berbasis spot untuk Bitcoin dan Ethereum.

Rencana ini dijadwalkan mulai aktif pada tanggal 30 April 2024, membuka pintu baru bagi investor yang mencari eksposur langsung pada mata uang kripto tanpa kepemilikan fisik aset tersebut.

ETF Kripto Spot Hong Kong Akan Segera Diluncurkan

hashkey group
Sumber: CryptoSlate

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, juru bicara HashKey, sebuah grup crypto Asia, mengatakan bahwa produk spot Bosera-HashKey Capital perusahaan akan mulai diperdagangkan pada tanggal 30 April 2024.

Baca juga: Hong Kong Resmikan ETF Bitcoin dan Ethereum Spot Pertama, Siap Jadi Pusat Kripto Regional!

Langkah ini dilakukan setelah lebih dari setahun upaya terpadu oleh Hong Kong untuk memantapkan dirinya sebagai pusat yang diatur secara ketat untuk industri aset virtual, yang bertujuan untuk mendapatkan kembali reputasinya sebagai pusat keuangan modern.

Selain ETF crypto spot, kota ini juga mengizinkan ETF crypto berjangka: CSOP Bitcoin Futures, CSOP Ether Futures, dan Samsung Bitcoin Futures. Namun, ketiganya mengumpulkan aset yang dikelola cukup sederhana, hanya sekitar $175 juta sejauh ini.

Menurut Analis ETF Bloomberg Intelligence Rebecca Sin, ETF kripto spot Hong Kong dapat mengalokasikan sekitar $1 miliar dalam aset yang dikelola pada tahun 2026.

Persaingan dengan ETF Bitcoin AS

HashKey Capital dan Bosera telah mengumumkan bahwa ETF spot Hong Kong akan mengadopsi mekanisme berlangganan dan penebusan dalam bentuk barang.

Hal tersebut memungkinkan pertukaran aset dasar untuk unit ETF dan sebaliknya, kontras dengan model penebusan tunai yang digunakan oleh dana AS.

Menurut Evgeny Gaevoy, salah satu pendiri penyedia likuiditas kripto Wintermute Trading Ltd, pendekatan dalam bentuk barang sangat menarik bagi penduduk asli kripto, pembuat pasar, dan bursa aset digital. Ini menawarkan efisiensi dan peluang arbitrase yang lebih besar.

Baca juga: Bitcoin ETF Kembali Naik Daun, Penasihat Investasi Guyur FBTC dengan $40 Juta

Apakah Hong Kong Memiliki BlackRock Sendiri?

Selama lebih dari setahun, Hong Kong telah bersaing dengan Singapura dan Dubai untuk membangun pusat yang diatur secara ketat untuk industri aset virtual. Permintaan akan ETF yang akan datang akan menjadi indikator kemajuan Hong Kong dalam upaya ini.

Sumber permintaan potensial termasuk kekayaan Tiongkok yang disimpan di kota dan bursa kripto serta pembuat pasar yang beroperasi di kawasan Asia-Pasifik.

Analis ETF Bloomberg Intelligence Rebecca Sin memperkirakan bahwa ETF Bitcoin Hong Kong hanya dapat mengumpulkan $1 miliar dalam aset yang dikelola selama dua tahun.

Dana Bitcoin yang berbasis di AS dari raksasa industri seperti BlackRock Inc. dan Fidelity Investments telah menarik minat global.

Di sisi lain, calon penerbit Hong Kong – Harvest Global dan Bosera Asset Management – tidak memiliki pengakuan serupa.

Roger Li, salah satu pendiri One Satoshi mengatakan: “Hong Kong tidak memiliki efek ‘BlackRock’ untuk dipanggil”.

Secara keseluruhan, peluncuran ETF crypto spot Hong Kong menandai langkah maju yang signifikan dalam upaya kota untuk menjadi pusat aset digital terkemuka.

Dengan kerangka peraturan yang jelas dan dukungan dari perusahaan terkemuka, Hong Kong memiliki potensi untuk menarik investor global dan memperkuat posisinya sebagai pusat keuangan internasional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: