Otoritas Hong Kong Dorong Regulasi Mandiri di Industri Kripto

Otoritas Hong Kong Dorong Regulasi Mandiri di Industri Kripto

Jakarta, Pintu News – Otoritas Hong Kong merekomendasikan agar industri kripto setempat berinisiatif untuk mengatur diri sendiri melalui pembentukan badan otonom yang menangani kepatuhan dan pengawasan.

Asosiasi Profesional Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (HKSFPA) telah mengeluarkan sebuah pernyataan yang mendesak pembentukan komite regulasi mandiri di antara perusahaan kripto untuk memantau satu sama lain guna memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pengantar Menuju Regulasi Mandiri

Menurut HKSFPA, pasar keuangan Hong Kong terlalu terfokus pada pengawasan tetapi tidak memiliki organisasi yang memelihara pengembangan industri secara keseluruhan. HKSFPA menekankan kebutuhan Hong Kong untuk tetap kompetitif di pasar sekuritas global dan mempertahankan statusnya sebagai pusat keuangan internasional.

Asosiasi ini menyarankan agar regulator kota, Komisi Sekuritas & Berjangka (SFC), mendirikan badan yang “secara hukum mandiri mengatur diri sendiri” dan memberikan wewenang lisensi kepada pemain industri. Ini akan memungkinkan SFC untuk tetap mengawasi perilaku pasar tetapi membagi kekuasaan lisensi secara eksklusif ke industri sekuritas.

Baca Juga: Hong Kong Gelontorkan Dana $3 Miliar untuk Pengembangan Kecerdasan Buatan (AI)

Manfaat dan Potensi Penerapan

Perkembangan Blockchain
Sumber: Fintech News Hongkong

Regulasi mandiri diusulkan tidak hanya untuk mempermudah pengawasan tetapi juga untuk meningkatkan struktur pasar dan regulasi kripto. Jika sektor ini menjadi sebagian mandiri, beberapa kekurangan akan terdeteksi secara internal di antara perusahaan sebelum mencapai regulator keuangan, memberikan perspektif yang lebih komprehensif.

Selain itu, regulator keuangan tidak akan terbebani, sehingga bisa berfungsi lebih baik untuk melindungi investor di pasar. Ini akan mendorong ekologi kompetitif yang sehat melalui berbagai model yang diusulkan, meningkatkan fokus bisnis dan mengurangi beberapa tanggung jawab regulasi dari bursa saham dan agen regulasi, membuatnya lebih kompetitif.

Baca Juga: Kebelet Jadi Crypto Hub Asia, Hong Kong Gelontorkan Dana Rp97 Miliar Demi Inovasi Web3

Dampak terhadap Posisi Global Hong Kong

Dengan regulasi mandiri, perusahaan kripto akan bertanggung jawab atas perilaku bisnis yang berkaitan dengan iklan, tingkat tata kelola perusahaan tertentu, dan menempatkan yurisdiksi secara global. Dalam beberapa bulan terakhir, regulator global telah meningkatkan upaya untuk melindungi investor dengan meningkatnya aktor buruk di ruang ini.

Regulasi yang diusulkan oleh otoritas terkadang dianggap sebagai penghambat pasar, tetapi pendekatan yang didorong oleh peserta akan membantu pengembangan sektor ini. Ini menciptakan potensi besar untuk Hong Kong untuk memperkuat peranannya sebagai pemimpin dalam regulasi kripto yang inovatif dan adaptif di tingkat global.

Kesimpulan

Rekomendasi HKSFPA untuk regulasi mandiri dalam industri kripto di Hong Kong menandakan pergeseran menuju pendekatan yang lebih proaktif dan partisipatif dalam pengaturan pasar. Inisiatif ini tidak hanya mendukung pertumbuhan berkelanjutan industri tetapi juga memperkuat posisi Hong Kong sebagai pusat keuangan yang inovatif dan adaptif di kancah global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: