Bitcoin Kini Mata Uang Resmi di Zona Ekonomi Honduras, Apa Dampaknya?

Bitcoin Kini Mata Uang Resmi di Zona Ekonomi Honduras, Apa Dampaknya?

Zona ekonomi khusus Próspera di Honduras telah membuat langkah besar dengan mengakui Bitcoin sebagai satuan akun.

Keputusan ini diumumkan oleh Jorge Colindres, komisaris pajak Próspera, yang menekankan pada peningkatan kebebasan finansial dan moneter bagi warga di wilayah tersebut. Langkah ini diharapkan akan membawa perubahan signifikan dalam cara transaksi dan pengukuran nilai barang serta jasa di zona tersebut.

Bitcoin sebagai Satuan Akun

Pengakuan Bitcoin sebagai satuan akun di Próspera merupakan langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya di wilayah tersebut. Jorge Colindres, yang menjabat sebagai manajer dan komisaris pajak, telah mengumumkan kebijakan ini pada tanggal 5 Januari.

Kini, Bitcoin dapat digunakan untuk mengukur nilai pasar barang dan jasa di zona Próspera, yang merupakan Zona Pekerjaan dan Pengembangan Ekonomi (ZEDE). Dengan kebijakan baru ini, entitas bisnis dan individu di Próspera dapat memanfaatkan Bitcoin untuk keperluan akuntansi internal.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak di Atas $47.000: Apakah Ini Awal dari Kebangkitan Baru?

Meskipun demikian, terdapat keterbatasan teknologi dalam sistem eGovernance dan isu regulasi eksternal yang membuat prosedur pembayaran pajak akhir dengan Bitcoin belum dapat diimplementasikan sepenuhnya. Untuk sementara, kewajiban pajak akan ditentukan dalam Bitcoin namun dilaporkan dalam dolar Amerika Serikat atau lempira Honduras.

Prosedur dan Regulasi

doj regulasi crypto

Entitas yang ingin menggunakan Bitcoin sebagai satuan akun harus mengajukan pemberitahuan kepada komisi pajak Próspera dalam waktu 30 hari setelah periode pajak yang relevan. Pemberitahuan tersebut harus merujuk pada bursa crypto yang disetujui, seperti Coinbase atau Kraken.

Hal ini dimaksudkan untuk memastikan transparansi dan kepatuhan terhadap regulasi crypto yang berlaku. Jorge Colindres menegaskan bahwa setelah masalah teknologi dan regulasi teratasi, entitas akan dapat melaporkan dan membayar kewajiban pajak mereka dalam Bitcoin.

Ini akan menjadi langkah penting dalam penerapan penuh Bitcoin sebagai mata uang di zona ekonomi khusus ini. Próspera ZEDE sendiri telah diluncurkan pada Mei 2020 di pulau Roatan dan telah menciptakan lebih dari 3.000 lapangan pekerjaan dengan investasi yang melebihi $100 juta.

Impak Ekonomi dan Keuangan

Pengakuan Bitcoin oleh Próspera ZEDE diharapkan akan membawa dampak positif bagi ekonomi lokal. Dengan adanya kebebasan finansial yang lebih besar, diharapkan akan ada peningkatan investasi dan aktivitas ekonomi di zona tersebut.

Selain itu, kebijakan ini juga menunjukkan komitmen Honduras dalam mengadopsi teknologi crypto dan menjadi salah satu zona ekonomi paling kompetitif di Amerika Latin. Pengakuan Bitcoin sebagai satuan akun juga diharapkan akan memudahkan transaksi lintas batas dan menarik minat investor internasional.

Dengan adanya kebijakan ini, Próspera ZEDE berpotensi menjadi pusat inovasi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di kawasan tersebut.

Paragraf Penutup

Keputusan Próspera ZEDE untuk mengakui Bitcoin sebagai satuan akun menandai babak baru dalam evolusi ekonomi digital di Honduras. Langkah ini tidak hanya meningkatkan kebebasan finansial bagi warga dan bisnis di zona tersebut, tetapi juga menempatkan Honduras sebagai pemain penting dalam adopsi crypto di tingkat global.

Dengan mata yang tertuju pada masa depan, Próspera ZEDE siap menjadi contoh bagi zona ekonomi lain dalam penerimaan mata uang digital.

Baca Juga: SEC Bantah Persetujuan ETF Bitcoin, Akun Media Sosial Diretas!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi