Honduras Resmi Larang Kripto di Sektor Keuangan, Apa Alasannya?

Honduras Resmi Larang Kripto di Sektor Keuangan, Apa Alasannya?

Honduras, negara di Amerika Tengah, baru saja mengambil langkah tegas terhadap mata uang kripto. Regulator keuangan Honduras, Komisi Perbankan dan Sekuritas Nasional (CNBS), telah mengeluarkan larangan bagi lembaga keuangan lokal untuk memperdagangkan atau menyimpan mata uang kripto. Keputusan ini diambil karena kekhawatiran akan penipuan dan pencucian uang yang terkait dengan aset digital tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Alasan di Balik Larangan Kripto di Honduras

CNBS menyebutkan bahwa mata uang kripto tidak diatur oleh otoritas keuangan mana pun, sehingga penggunaannya dianggap berisiko. Aset kripto dapat mengekspos pengguna pada risiko operasional, hukum, dan penipuan karena tidak ada jaminan untuk transaksi kripto.

Selain itu, CNBS khawatir bahwa mata uang kripto dapat digunakan untuk kegiatan ilegal seperti penipuan, pencucian uang, dan pendanaan terorisme. Hal ini disebabkan oleh kurangnya regulasi dan pengawasan terhadap transaksi kripto.

Baca Juga: Horizen (ZEN) Meroket 59,98% Hari Ini, Apa Faktor Utamanya?

Dampak Larangan Kripto terhadap Sektor Keuangan Honduras

larangan crypto di honduras
Generated by AI

Larangan kripto oleh CNBS berdampak signifikan terhadap sektor keuangan Honduras. Bank, perusahaan investasi, dan lembaga keuangan lain yang diawasi oleh CNBS dilarang untuk menyimpan, berinvestasi, atau beroperasi dengan mata uang kripto atau aset terkait.

Larangan ini juga berlaku untuk derivatif berbasis mata uang kripto. Akibatnya, lembaga keuangan di Honduras tidak dapat lagi menawarkan layanan terkait kripto kepada nasabahnya.

Baca Juga: Top 5 Solana Ecosystem Token di 2024

Bagaimana dengan Zona Ramah Kripto di Honduras?

Meskipun ada larangan kripto secara umum, Honduras masih memiliki beberapa zona yang ramah terhadap mata uang digital. Pada tahun 2022, negara ini membuka Bitcoin Valley untuk mempromosikan pariwisata kripto. Selain itu, pulau Roatan juga telah mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Namun, belum jelas bagaimana larangan kripto oleh CNBS akan memengaruhi zona-zona ramah kripto tersebut. Pemerintah Honduras perlu memberikan klarifikasi lebih lanjut tentang hal ini.

Kesimpulan

Larangan kripto di Honduras merupakan langkah tegas yang diambil oleh pemerintah untuk melindungi sektor keuangan dan masyarakat dari risiko yang terkait dengan mata uang digital. Meskipun ada beberapa zona ramah kripto di negara tersebut, larangan ini menunjukkan bahwa Honduras masih belum sepenuhnya siap untuk menerima mata uang kripto sebagai alat pembayaran yang sah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi