HKVAX Terima Persetujuan Awal dari Regulator Hong Kong untuk Platform Aset Virtual!

author:

HKVAX Terima Persetujuan Awal dari Regulator Hong Kong untuk Platform Aset Virtual!

Hong Kong Virtual Asset Exchange (HKVAX) telah mendapatkan persetujuan awal dari Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) untuk menjalankan platform perdagangan aset virtual sesuai dengan hukum sekuritas wilayah tersebut. Langkah ini menandai perkembangan penting dalam ruang aset digital di Hong Kong.

Lisensi dan Kemungkinan Layanan HKVAX

hkvax terima persetujuan regulator hong kong
Sumber: FX Daily Report

Pada 11 Agustus, HKVAX mengumumkan bahwa mereka telah menerima “persetujuan awal” dari SFC untuk melakukan aktivitas yang diatur Tipe 1 dan Tipe 7. Lisensi Tipe 1 memungkinkan platform untuk beroperasi sebagai platform perdagangan aset digital yang berurusan dengan sekuritas. Sementara lisensi Tipe 7 memungkinkan perusahaan untuk menyediakan layanan perdagangan otomatis untuk pengguna ritel dan investor institusi.

Baca juga: Hong Kong Sambut Industri Crypto dengan Lisensi Baru: Peluang atau Tantangan?

HKVAX berencana untuk menawarkan kategori produk yang disebut penawaran token sekuritas untuk memanfaatkan peluang investasi Web3. Setelah mendapatkan persetujuan akhir, bursa tersebut akan menawarkan layanan perantara over-the-counter (OTC) yang memungkinkan pengguna untuk berdagang antara fiat dan aset digital, platform pertukaran berstandar institusi, dan solusi penyimpanan yang diasuransikan.

Anthony Ng, CEO dan salah satu pendiri HKVAX, menyatakan bahwa seiring pertumbuhan bursa, mereka akan terus memperluas penawaran produk di Hong Kong dan bekerja sama dengan investor strategis untuk putaran pendanaan berikutnya.

Konteks Regulasi dan Industri di Hong Kong

Pengumuman HKVAX datang setelah Hong Kong memperkenalkan perdagangan kripto ritel dengan bursa HashKey dan OSL. Pada 3 Agustus 2023, kedua perusahaan tersebut menjadi yang pertama mendapatkan lisensi yang diperlukan untuk menawarkan layanan perdagangan crypto di Hong Kong.

Baca juga: Hong Kong Bentuk Satuan Tugas Khusus Web3, Bakal Dominasi Era Digital?

Regulator Hong Kong telah meningkatkan fokus mereka pada regulasi crypto, terutama setelah runtuhnya FTX. Julia Leung Fung-yee, CEO SFC, menyatakan bahwa perdagangan crypto adalah bagian penting dari ekosistem aset virtual setelah runtuhnya bursa FTX pada tahun 2022.

Leung menambahkan bahwa sistem lisensi baru untuk penyedia layanan aset virtual akan memastikan perlindungan investor saat mereka berdagang.

Pada akhirnya, persetujuan awal yang diberikan kepada HKVAX oleh SFC menunjukkan langkah maju dalam pengembangan dan regulasi aset digital di Hong Kong. Dengan dukungan regulator dan inovasi yang berkelanjutan, Hong Kong dapat memposisikan dirinya sebagai pusat global untuk perdagangan dan inovasi aset virtual.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: