Bursa Crypto HKVAEX Bersiap Mengajukan Lisensi di Hong Kong!

author:

Bursa Crypto HKVAEX Bersiap Mengajukan Lisensi di Hong Kong!

Bursa crypto HKVAEX, yang diberitakan memiliki dukungan dari Binance, tengah mempersiapkan diri untuk mengajukan permohonan lisensi platform perdagangan aset virtual di Hong Kong. Meskipun banyak laporan yang menyatakan sebaliknya, perwakilan HKVAEX menegaskan bahwa mereka belum mengajukan permohonan tersebut.

HKVAEX dan VAEXC: Dua Entitas Crypto yang Distinct

HKVAEX dan VAEXC merupakan dua platform crypto yang berbeda di Hong Kong dan tidak memiliki keterkaitan satu sama lain, demikian menurut perwakilan HKVAEX.

Baca juga: Interactive Brokers Hong Kong Mendapatkan Lisensi Perdagangan Aset Virtual!

VAEXC telah mengajukan permohonan lisensi crypto di Hong Kong pada 25 Oktober 2023 lalu, berdasarkan data dari SFC.

aplikasi lisensi vaexc
Aplikasi lisensi VAEXC Hong Kong. Sumber: SFC

“VAEXC adalah pemohon lain, dan mereka tidak memiliki keterkaitan dengan kami,” ujar perwakilan HKVAEX, menambahkan bahwa perusahaan tersebut tidak memiliki hubungan dengan HKVAEX.

Binance dan HKVAEX: Keterkaitan yang Masih Kabur

bursa crypto hkvaex terkait binance
Sumber: SCMP

Beberapa minggu yang lalu, South China Morning Post (SCMP), sebuah publikasi yang berbasis di Hong Kong, melaporkan bahwa Binance berada di belakang bursa HKVAEX. Menurut sumber SCMP, HKVAEX didirikan oleh Binance untuk mengejar lisensi crypto di Hong Kong.

Laporan tersebut juga mengklaim bahwa situs web HKVAEX menggunakan server Binance untuk mengambil konten. Namun, HKVAEX dan Binance tidak merespons permintaan komentar tentang dugaan hubungan antara platform tersebut.

Baca juga: Binance Dibalik Pendirian Bursa Crypto Baru di Hong Kong? Simak Faktanya!

Regulasi Baru dan Proses Persetujuan yang Dipercepat

Pada bulan Juni, Hong Kong menerapkan kerangka kerja regulasi baru untuk crypto. Aturan baru ini memungkinkan investor ritel untuk berdagang aset virtual, bukan hanya membatasi perdagangan aset digital untuk investor dan pedagang profesional dengan aset yang dapat diperbankkan minimal $1 juta.

Sebagai bagian dari regulasi baru, SFC juga mulai memberikan lisensi kepada bursa crypto. OSL dan HashKey adalah dua platform perdagangan aset virtual yang telah mendapatkan persetujuan lisensi dari SFC.

Dengan regulasi baru dan proses persetujuan yang dipercepat, industri crypto di Hong Kong tampaknya akan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Meski demikian, hubungan antara Binance dan HKVAEX masih menjadi pertanyaan yang belum terjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: