Hitachi & Concordium Luncurkan Inovasi Keamanan Biometrik: Inovasi Masa Depan Crypto!

Hitachi & Concordium Luncurkan Inovasi Keamanan Biometrik: Inovasi Masa Depan Crypto!

Apakah kamu pernah membayangkan keamanan crypto yang terjamin hanya dengan sidik jari atau scan wajah? Hitachi dan Concordium Foundation menggandeng tangan dalam proyek ambisius untuk mengembangkan dompet crypto berbasis biometrik.

Inovasi ini tidak hanya menjanjikan keamanan tingkat tinggi, tetapi juga kemudahan yang belum pernah ada sebelumnya dalam dunia crypto.

Kolaborasi Inovatif untuk Keamanan Crypto

Hitachi Research & Development dan Concordium Foundation sedang mengembangkan teknologi yang memungkinkan kamu membuat dan mengembalikan akun crypto hanya dengan biometrik. Kamu tidak perlu lagi menghafal atau menyimpan kata-kata kunci (seed words) yang rumit.

Cukup dengan scan biometrik, seperti sidik jari atau wajah, kamu bisa mengakses dompet crypto dengan mudah. Teknologi ini menggabungkan Public Biometric Infrastructure (PBI) dari Hitachi dan kerangka kerja identitas mandiri Concordium.

Baca Juga: Upaya Kongres AS Perketat Regulasi Crypto untuk Cegah Kejahatan

Ini merupakan langkah awal dalam pengembangan, namun potensinya sangat besar. Dompet biometrik ini akan sangat berguna untuk jaringan Concordium yang memerlukan proses identifikasi pengguna sebelum membuat akun, guna mencegah aktivitas jahat.

Manfaat dan Aplikasi Luas

ekspansi exchange crypto
Sumber: White Label Cryptocurrency Exchange Software

Dompet biometrik ini tidak hanya meningkatkan keamanan, tetapi juga kemudahan penggunaan. Kamu bisa membuka dompet crypto dengan menghasilkan kembali kata-kata kunci melalui scan biometrik atau mendekripsi salinan kata-kata kunci dengan kunci yang berasal dari scan tersebut.

Jika kamu kehilangan perangkat, kamu bisa mengimpor dompet ke perangkat lain dengan scan biometrik di perangkat baru. Keuntungan lainnya adalah potensi aplikasi dompet biometrik ini pada blockchain lain di masa depan.

Ini menghilangkan kebutuhan pengguna untuk menyimpan salinan kata-kata kunci, yang seringkali menjadi penghalang adopsi crypto secara massal. Dengan demikian, dompet biometrik ini bisa menjadi solusi bagi tantangan kehilangan backup.

Tantangan dan Solusi Teknologi

Pengembangan PBI oleh Hitachi menghadapi tantangan karena sifat data biometrik yang “fuzzy”. Tim menggunakan generasi kunci fuzzy dan teknologi koreksi kesalahan khusus untuk mengekstrak vektor fitur dari scan dan melatih perangkat lunak untuk membedakan antara scan yang berbeda dari orang yang sama.

Dr. Kenta Takahashi dari Hitachi menyatakan bahwa PBI sudah digunakan untuk verifikasi pengguna dalam transaksi bank dan pembayaran tanpa uang tunai karena keamanan dan kenyamanannya yang tinggi.

Integrasi PBI ke dalam dompet Concordium diharapkan dapat mewujudkan identitas mandiri yang aman dan nyaman, yang merupakan dasar kepercayaan dalam Web3, serta pengelolaan aset crypto dan NFT berdasarkan informasi biometrik pengguna.

Paragraf Penutup

Kolaborasi antara Hitachi dan Concordium membuka jalan bagi masa depan dompet crypto yang lebih aman dan nyaman. Dengan kemampuan untuk mengembalikan akun melalui scan biometrik, dompet ini menawarkan solusi inovatif untuk tantangan kehilangan backup dan bisa menjadi kunci untuk meningkatkan adopsi crypto skala besar.

Baca Juga: Swarm Meluncurkan Platform Perdagangan Aset Dunia Nyata yang Ditokenisasi Tanpa Izin!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi