Hedera Hashgraph Umumkan Penghentian Hethers.js, Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya?

author:

Hedera Hashgraph Umumkan Penghentian Hethers.js, Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya?

Hedera Hashgraph, platform jaringan terbuka yang populer di dunia crypto, baru-baru ini membuat heboh dengan pengumuman penghentian hethers.js. Pengumuman ini mengakibatkan penurunan harga Hedera sebesar 0,96% menjadi $0,04829 pada 5 Oktober 2023. Lantas, apa yang akan terjadi selanjutnya?

Pengumuman Penghentian oleh Hedera

stablecoin studio hedera
Sumber: Hedera

Hedera Hashgraph, yang baru saja mencuri perhatian di pertengahan September dengan peluncuran “Stablecoin Studio”, kini kembali menjadi sorotan dengan pengumuman penghentian hethers.js.

Stablecoin Studio adalah toolkit open-source untuk penerbitan dan manajemen stablecoin yang dirancang untuk platform Web3, penerbit institusional, perusahaan, dan penyedia pembayaran untuk memanfaatkan layanan Jaringan Hedera.

Pengumuman penghentian ini menyarankan para pengembang untuk beralih dari hethers.js ke alat EVM sebelum 20 Oktober 2023. Setelah tanggal tersebut, hethers.js akan resmi ditinggalkan tanpa adanya pembaruan atau dukungan lebih lanjut.

Mengapa Hethers.js Dihentikan?

Alat EVM asli seperti ethers.js dan web3.js, yang diaktifkan oleh JSON-RPC Relay, kini dapat digunakan untuk menerapkan dan berinteraksi dengan kontrak pintar Hedera. Fokus pada alat EVM memberikan pengalaman pengembang yang lebih terpadu.

Kamu yang sudah familiar dengan Ethereum kini dapat dengan mudah beralih untuk membangun di Hedera. Penghentian hethers.js ini bertujuan untuk mengurangi redundansi dan mengkonsolidasikan set alat yang dibutuhkan pengembang untuk bekerja.

Baca juga: Hedera Berkolaborasi dengan Carbonbase Luncurkan Registry Karbon Digital Pertama di Asia

Tindakan untuk Pengembang yang Saat Ini Menggunakan Hethers.js

Jika kamu saat ini menggunakan hethers.js, kamu disarankan untuk beralih ke ethers.js, web3.js, atau alat EVM lainnya sebelum 20 Oktober 2023. Kamu dapat merujuk ke dokumentasi Hedera tentang penggunaan alat seperti web3.js, ethers.js, Hardhat, Foundry, Truffle, dan The Graph.

Meski hethers.js akan tetap tersedia di GitHub, namun tidak akan menerima dukungan resmi dan pembaruan setelah tanggal penghentian.

Pada akhirnya, pengumuman penghentian hethers.js oleh Hedera Hashgraph ini menunjukkan komitmen mereka untuk memberikan pengalaman yang lebih efisien dan ramah pengguna bagi pengembang dalam membangun di platform blockchain mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: