SFC Hong Kong Ungkap Kriteria Tokenisasi Produk Investasi, Seperti Apakah Aturannya?

SFC Hong Kong Ungkap Kriteria Tokenisasi Produk Investasi, Seperti Apakah Aturannya?

Dalam dunia investasi yang semakin modern, Komisi Sekuritas dan Berjangka (SFC) Hong Kong baru-baru ini merilis dokumen yang menguraikan persyaratan potensial untuk tokenisasi produk investasi.

Dokumen ini menjadi sorotan dan membuka mata banyak pihak tentang bagaimana regulasi dan standar global berperan dalam perkembangan teknologi finansial.

Penilaian Risiko Tokenisasi oleh SFC Hong Kong

SFC Hong Kong terus melakukan penilaian risiko terhadap tokenisasi. Menurut dokumen terbaru, SFC akan terus memeriksa pasar secara luas dan berkolaborasi dengan entitas pemerintah lainnya untuk menilai pendekatan alternatif dan menentukan apakah proposal mereka sejalan dengan standar global.

Baca Juga: Kepala Keuangan Hong Kong: “Sekarang Waktu yang Tepat untuk Investasi Web3”

Persyaratan utama menuntut manajemen produk yang bertanggung jawab. Selain itu, dokumen ini juga menuntut pemeliharaan catatan kepemilikan dan implementasi rencana manajemen risiko siber.

Lebih lanjut, dokumen ini menekankan bahwa penyedia produk harus memiliki kemampuan untuk mengamankan audit pihak ketiga atau verifikasi integritas manajemen dan operasional perjanjian tokenisasi.

Pengetatan Regulasi Bursa Crypto oleh SFC Hong Kong

isu volatilitas stablecoin hongkong
Sumber: Coin Culture

SFC Hong Kong juga menegaskan bahwa perusahaan harus dapat mempertahankan akses langsung ke penasihat hukum untuk mendukung aplikasi mereka bila diperlukan. Hal ini muncul setelah upaya berkelanjutan SFC untuk menindak bursa crypto.

Pada 5 Oktober, SFC bekerja sama dengan Kepolisian Hong Kong untuk membentuk satuan tugas yang bertujuan memerangi bursa crypto yang terlibat dalam aktivitas ilegal. Kerjasama ini melibatkan pertukaran informasi antara kepolisian dan regulator dan akan menerapkan proses penilaian risiko yang komprehensif untuk bursa crypto yang dianggap “mencurigakan”.

Paragraf Penutup

Dengan adanya pengetatan regulasi dan penilaian risiko yang dilakukan oleh SFC Hong Kong, diharapkan dapat memberikan perlindungan lebih bagi investor dan mencegah aktivitas ilegal dalam bursa crypto. Selalu ingat, dalam berinvestasi, kamu harus selalu melakukan pengecekan dan konsultasi dengan profesional sebelum membuat keputusan berdasarkan informasi ini.

Baca Juga: Hong Kong Bentuk Satuan Tugas Khusus Web3, Bakal Dominasi Era Digital?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi