Heboh! Pertumbuhan Jaringan Lightning Bitcoin Melonjak 1.200% dalam 2 Tahun!

Heboh! Pertumbuhan Jaringan Lightning Bitcoin Melonjak 1.200% dalam 2 Tahun!

Pertumbuhan pesat dalam teknologi Lightning telah memperkuat posisi Bitcoin sebagai alat tukar. Dalam dua tahun terakhir, Jaringan Lightning Bitcoin telah mengalami pertumbuhan luar biasa sebesar 1,212%. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kejutan Pertumbuhan di Tengah Tantangan Pasar

bitcoin lightning network
Sumber: Akun X Sam Wouters

Meski harga Bitcoin turun 44% dan minat online berkurang, jumlah transaksi yang diarahkan melalui jaringan ini meningkat. Menurut data dari bursa Bitcoin-only River, pada Agustus 2023, jaringan ini mencatat sekitar 6,6 juta transaksi yang diarahkan, peningkatan signifikan dibandingkan dengan 503.000 transaksi pada Agustus 2021.

Sam Wouters, analis penelitian River, menyoroti pertumbuhan ini dalam laporan yang diterbitkan pada 10 Oktober. Dia dengan humoris berkomentar di Twitter, “‘Tidak ada yang menggunakan Lightning’ sekarang harus menjadi meme yang mati.”

Baca Juga: Adopsi Bitcoin Lightning Network Semakin Meluas, Kini Ada CashApp

Transaksi Lightning dan Dampaknya

transaksi lightning
Perkiraan pertumbuhan transaksi Bitcoin Lightning yang dirutekan setiap bulan. Sumber: River

Perlu dicatat bahwa 6,6 juta transaksi Lightning yang dilaporkan oleh River adalah perkiraan batas bawah yang konservatif. Perusahaan ini mengakui ketidakmampuannya untuk menilai transaksi Lightning pribadi atau yang terjadi hanya antara dua peserta.

Menurut laporan River, dalam hal volume transaksi, Lightning memproses $78,2 juta pada Agustus 2023, menandai peningkatan 546% dari $12,1 juta yang dicatat pada Agustus 2021 oleh K33. Lightning kini menangani setidaknya 47% transaksi on-chain Bitcoin, menandakan pentingnya sebagai alat tukar.

Baca Juga: Bitcoin dan Lightning Network: Kenaikan Spektakuler yang Mengubah Wajah Crypto!

Implikasi Masa Depan dan Tingkat Keberhasilan

River juga melaporkan tingkat keberhasilan 99,7% untuk pembayaran Lightning di platformnya pada Agustus 2023 di seluruh 308,000 transaksi. Pembatasan likuiditas jalur pembayaran diidentifikasi sebagai penyebab utama transaksi.

Pengembangan berkelanjutan dari Jaringan Lightning, ditambah dengan volume transaksi yang mengesankan, menimbulkan pertanyaan tentang masa depan Bitcoin sebagai alat tukar. Kinerja Lightning yang lebih baik dibandingkan dengan transaksi Bitcoin on-chain dalam hal kecepatan menunjukkan bahwa transformasi Bitcoin menjadi alat tukar yang diterima secara luas sedang berlangsung.

Kesimpulan

Dengan pertumbuhan yang pesat dan volume transaksi yang mengesankan, Jaringan Lightning Bitcoin menunjukkan potensi besar untuk memperkuat posisi Bitcoin dalam dunia crypto. Meski menghadapi tantangan pasar, jaringan ini terus berkembang dan berinovasi, menunjukkan ketahanannya dan menegaskan posisinya sebagai teknologi penting dalam ekosistem crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: