Heboh! NFT Senilai Jutaan Dolar Raib Akibat Peretasan, Apa yang Terjadi?

Heboh! NFT Senilai Jutaan Dolar Raib Akibat Peretasan, Apa yang Terjadi?

Dunia crypto kembali dihebohkan dengan insiden keamanan yang mengejutkan. Platform perdagangan peer-to-peer NFT Trader mengalami peretasan pada 16 Desember, mengakibatkan pencurian NFT senilai hampir $3 juta. Kejadian ini menimbulkan kepanikan di kalangan investor dan kolektor NFT, dengan banyaknya aset digital yang hilang dalam sekejap. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penyelidikan dan Dampak Peretasan

NFT Trader segera mengonfirmasi insiden tersebut melalui X, mengungkapkan bahwa serangan tersebut menargetkan kontrak pintar lama. Mereka mendesak pengguna untuk mencabut delegasi ke dua alamat: 0xc310e760778ecbca4c65b6c559874757a4c4ece0 dan 0x13d8faF4A690f5AE52E2D2C52938d1167057B9af.

Kehilangan termasuk setidaknya 13 Mutant Ape Yacht Club dan 37 Bored Ape tokens, serta VeeFriends dan World of Women NFTs. Menurut Revoke.cash, kerugian yang ditimbulkan mencapai hampir $3 juta. Situasi ini semakin rumit dengan munculnya rumor dan informasi salah di platform media sosial.

Belum jelas berapa banyak peretas yang memanfaatkan celah keamanan ini. Dalam pesan publik, salah satu peretas mengklaim bahwa eksploitasi awal dilakukan oleh pengguna lain, sementara mereka hanya “datang untuk mengambil sampah residual”.

Baca Juga: Operator Telekomunikasi China Mobile Hong Kong (CMHK) Luncurkan Pasar NFT Bernama “LinkNFT”

Peretas Minta Tebusan dan Pengembalian NFT

nft trader
Sumber: Akun X NFT Trader

Salah satu peretas mengaku memiliki keterampilan teknis yang terbatas dan menawarkan untuk mengembalikan NFT yang dicuri dengan imbalan tebusan 10% dalam bentuk Ether (ETH).

Mereka mengatakan, “Keterampilan teknis saya terbatas, saya tidak bisa mendapatkan semua NFT yang terpengaruh sekaligus, dan ini menghabiskan banyak energi dan waktu saya. […] Jika kamu ingin kembali NFT monyet itu, maka kamu perlu membayar saya tebusan, itu yang saya pantas dapatkan.”

Dalam perkembangan yang tidak biasa, salah satu korban mengklaim bahwa peretas telah mengembalikan NFT langka bersama dengan 31 ETH, senilai hampir $70.680 pada saat itu. Korban tersebut menulis di X, “Dan sekarang peretas baru saja mengirimkan saya 31 ETH? Apa yang sebenarnya terjadi. Apakah ini kehidupan nyata?”

Insiden ini menunjukkan betapa rentannya ekosistem crypto terhadap serangan siber. Meskipun ada beberapa perkembangan positif dengan pengembalian sebagian aset, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab. Komunitas crypto kini menantikan langkah-langkah keamanan yang lebih ketat untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: