Harga Tanah di Metaverse Melonjak 700% dalam Setahun, Ini Faktanya!

Harga Tanah di Metaverse Melonjak 700% dalam Setahun, Ini Faktanya!

Pernahkah kamu membayangkan memiliki tanah di dunia virtual? Di era digital ini, hal tersebut bukanlah mimpi belaka. Tanah di Metaverse, dunia virtual yang sedang naik daun, kini menjadi komoditas yang sangat dicari. Bahkan, harga tanah di Metaverse telah melonjak hingga 700% dalam setahun terakhir!

Perbandingan Harga Tanah Metaverse 2022 vs 2023

Pada 24 Mei 2023, harga tanah di Metaverse berkisar antara 0,37 hingga 1,09 ETH (sekitar $666,3 hingga $1.962,8), dengan variasi harga di berbagai proyek Metaverse. Tanah Metaverse termahal ada di Otherdeeds oleh Otherside, dengan harga 1,09 ETH. Proyek ini adalah hasil karya Yuga Labs, studio di balik proyek NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang terkenal.

Diikuti oleh Decentraland, yang saat ini diperdagangkan seharga 0,64 ETH. Namun, jika kamu mencari tanah termurah di Metaverse, kamu bisa menemukannya di Voxels dengan harga 0,16 ETH.

Baca Juga: Investasi Properti di Metaverse, Berapa Harganya dan Bagaimana Cara Membelinya?

Sebelumnya dikenal sebagai Cryptovoxels, koleksi ini terdiri dari 7.930 petak tanah dengan berbagai karakteristik, mulai dari ukuran hingga lokasi. Diikuti oleh Somnium Space, yang diperdagangkan seharga 0,37 ETH, dan The Sandbox seharga 0,43 ETH.

Puncak Harga Tanah Metaverse

avalon metaverse
Sumber: Venture Beat

Pada puncak pasar NFT, harga tanah Metaverse bisa mencapai hingga 7,50 ETH. Ini adalah harga dasar Otherdeeds, yang diperdagangkan seharga 7,50 ETH pada 1 Mei 2022.

Koleksi termahal kedua adalah Somnium, yang diperdagangkan seharga 6,05 ETH pada awal 2022 untuk sebidang tanah virtual. Decentraland memiliki koleksi termahal ketiga pada 2022, seharga 5,24 ETH. Diikuti oleh The Sandbox dan Voxels, yang diperdagangkan seharga 4,20 ETH dan 2,59 ETH, masing-masing.

Bagaimana Cara Membeli Tanah di Metaverse?

Tanah virtual di The Sandbox bisa dibeli langsung dari platformnya, atau di pasar sekunder seperti OpenSea dan Rarible.

Namun, perlu diingat bahwa pembelian tanah virtual ini bisa lebih kompleks karena tidak ada pihak ketiga yang dapat menjamin keaslian tanah tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati terhadap penipuan dan peretasan yang cukup sering terjadi di dunia NFT.

Paragraf Penutup

Meski harga tanah di Metaverse telah melonjak drastis, namun hal ini tidak menjamin bahwa tren ini akan terus berlanjut. Seperti halnya di dunia nyata, lokasi masih menjadi faktor penting dalam menentukan harga tanah. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi di Metaverse, pastikan kamu telah mempertimbangkan semua faktor tersebut.

Baca Juga: Avalon: Game Metaverse Revolusioner yang Menjanjikan Kebebasan Kreatif Tanpa Batas!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi