Naik 26% dalam 24 Jam, Harga Solana Tembus Rekor Tertinggi! Apa yang Mendorong Kenaikan Ini?

author:

Naik 26% dalam 24 Jam, Harga Solana Tembus Rekor Tertinggi! Apa yang Mendorong Kenaikan Ini?

Solana, salah satu mata uang crypto yang sedang naik daun, baru saja mencatatkan rekor baru. Harga token SOL, mata uang asli Solana, melonjak lebih dari 26% pada 11 November 2023, menembus angka $54 untuk pertama kalinya sejak Mei 2022. Apa yang mendorong kenaikan ini? Yuk, kita ulas bersama.

Harga SOL Naik 26,16% dalam Waktu 24 Jam

harga solana naik
Sumber: Pintu Market

Pada 11 November 2023, laman Pintu market mencatat kenaikan harga SOL sebesar 26,16% dalam waktu 24 jam. SOL sempat menyentuh harga terendahnya di Rp789.385 dan harga tertingginya Rp999.206.

Baca juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (11/11/23), Harga LUNA Melonjak 56%!

Kira-kira, apa faktor dibalik naiknya harga SOL saat itu?

Faktor Penjualan Token SOL

Salah satu faktor yang mungkin mendorong kenaikan harga SOL adalah penjualan token SOL oleh FTX, bursa crypto yang bangkrut. Pengadilan Kebangkrutan Delaware menyetujui penjualan aset bursa yang gagal ini, yang mencakup 55,75 juta SOL, pada September 2023.

Beberapa token dari proses kebangkrutan ini mungkin terkunci atau diinvestasikan, dan ada batas penjualan mingguan sebesar $100 juta sebagai bagian dari rencana likuidasi FTX. Hal ini tampaknya telah mengubah ketakutan awal terhadap likuidasi aset menjadi harapan, karena investor menyadari dampak penjualan yang terbatas.

Pertumbuhan Ecosystem Solana

Selain pasar derivatif, ekosistem Solana juga menunjukkan pertumbuhan yang solid. Total nilai terkunci (TVL) Solana, yang mengukur jumlah yang disetorkan dalam smart contract-nya, telah membalikkan tren penurunannya setelah enam minggu berturut-turut.

Nilai total jaringan Solana terkunci dalam istilah SOL. Sumber: DefiLlama

Baca juga: Solana Labs Luncurkan GameShift Beta: Revolusi Pengembangan Game Blockchain!

Deposit DApps Solana telah meningkat 10% dalam tiga hari terakhir. Meski level SOL 11,1 juta saat ini masih di bawah 30 juta SOL sebelum kebangkrutan bursa FTX, tren terbaru ini menunjukkan bahwa periode terburuk bagi jaringan Solana mungkin sudah berlalu.

Kenaikan Aktivitas Jaringan dan TVL

Solana kini menempati peringkat keempat terbesar dalam TVL keuangan terdesentralisasi (DeFi), disertai dengan pertumbuhan 28% dalam jumlah alamat aktif. Menariknya, lonjakan aktivitas ini terjadi saat pesaing mengalami penurunan, dengan pemimpin pasar Ethereum mengalami penurunan 22% dalam pengguna aktif DeFi, menurut DappRadar.

Total alamat aktif DeFi dalam 30 hari. Sumber: DappRadar

Di satu sisi, kenaikan aktivitas jaringan dan TVL lebih tinggi menguntungkan para penggemar token SOL. Di sisi lain, kapitalisasi pasar Solana saat ini sebesar $22,8 miliar telah melampaui Polygon sebesar $7,8 miliar hampir tiga kali lipat, meski kedua jaringan memiliki TVL DeFi yang sebanding.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: