Harga Solana (SOL) Telah Melonjak 400% Sejak Awal Tahun 2023, Ini Faktor Utamanya!

Harga Solana (SOL) Telah Melonjak 400% Sejak Awal Tahun 2023, Ini Faktor Utamanya!

Solana, salah satu cryptocurrency yang tengah naik daun, mencatatkan kenaikan harga hingga 400% sejak awal tahun. Meski sempat terpuruk di akhir 2022, Solana berhasil bangkit dan mencatatkan kenaikan yang signifikan. Apa saja yang mendorong lonjakan harga ini? Yuk, kita ulas bersama!

Performa Mengesankan Solana

harga solana 17 november 2023
Harga Solana 1 Bulan. Sumber: Market Pintu

Solana, atau yang lebih dikenal dengan SOL, mencatatkan kenaikan harga hingga 35% dalam seminggu terakhir. Ini menambah catatan rally SOL di tahun 2023 yang mencapai lebih dari 500%. SOL berhasil mencapai harga tertingginya sejak Mei 2022, yaitu $68 pada Kamis pagi.

Meski sempat turun menjadi $62 di sore hari, SOL masih mencatatkan kenaikan lebih dari 35% dalam seminggu. Kenaikan harga Bitcoin beberapa minggu terakhir turut membantu mengangkat pasar secara keseluruhan.

Bitcoin, cryptocurrency paling populer, berhasil mencapai hampir $38.000 minggu lalu dan kembali naik pada hari Rabu sebelum akhirnya turun lagi. Saat ini, Bitcoin berada di angka sekitar $36.600.

Baca Juga: Harga Dogecoin (DOGE) ‘To The Moon’: Naik 6,37% per 24 Jam! Apa Faktor Utamanya?

Alasan di Balik Kenaikan Harga Solana

Salah satu faktor yang mendorong kenaikan harga Solana adalah spekulasi terkait tindakan yang akan diambil oleh Securities and Exchange Commission terhadap ETF Bitcoin. Analis memprediksi bahwa ETF ini bisa disetujui pada awal Januari. Performa positif Bitcoin juga membantu mengangkat sekelompok altcoin yang dipimpin oleh Solana.

Solana saat ini merupakan cryptocurrency terbesar ke-6 berdasarkan kapitalisasi pasar dan menjadi pesaing utama Ethereum yang berada di peringkat kedua.

Selain itu, peningkatan signifikan dalam staking likuid, termasuk melalui aplikasi seperti Jito, Marinade, dan MarginFi, juga menjadi salah satu pendorong kenaikan harga Solana. Hal ini diungkapkan oleh Max Shannon, seorang analis penelitian di CoinShares.

Matteo Greco dari Fineqia mengingatkan bahwa pergerakan harga Solana sangat terkait dengan performa buruknya di akhir 2022. Meski SOL mencatatkan kenaikan yang signifikan, harga saat ini masih jauh dari ATH yang hampir mencapai $260.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: