Heboh! ARK Invest Ubah Strategi ETF Bitcoin, Apa Dampaknya?

author:

Heboh! ARK Invest Ubah Strategi ETF Bitcoin, Apa Dampaknya?

ARK Invest, perusahaan investasi crypto yang didirikan oleh pendukung Bitcoin, Cathie Wood, terus berupaya meluncurkan produk ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat. Dalam perkembangannya, ARK Invest baru-baru ini mengubah strategi dalam pengajuan ETF Bitcoin mereka. Apa dampak dari perubahan ini?

Perubahan Strategi ARK Invest

ARK Invest, bekerja sama dengan manajer aset digital Eropa, 21Shares, telah mengajukan prospektus yang diubah untuk produk ETF Bitcoin spot mereka. Jika disetujui, ETF ini akan diperdagangkan di Bursa Opsi Chicago Board dengan simbol ARKB.

Baca juga: Cathie Wood, CEO Ark Invest, Ramalkan Harga Bitcoin (BTC) Capai $1,5 Juta!

Perubahan ini merupakan amandemen ketiga yang diajukan oleh ARK dan 21Shares sejak pertama kali mengajukan ETF Bitcoin spot pada April 2023. Perubahan terbaru ini mencakup banyak pembaruan, termasuk peningkatan pengungkapan risiko untuk memenuhi persyaratan keuangan korporat.

Menariknya, mereka tetap berpegang pada pembuatan dan penebusan in-kind dalam model hibrida untuk meminimalkan masalah pajak dan spread.

Perbandingan ARK 21Shares Bitcoin ETF dan Grayscale Bitcoin Trust

ark invest etf crypto
Sumber: Coincu

Perubahan strategi ARK 21Shares Bitcoin ETF dari eksposur langsung ke Bitcoin menjadi eksposur tidak langsung tampaknya membawanya lebih dekat ke produk seperti Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). Namun, masih ada perbedaan yang jelas antara keduanya.

Sebagai ETF, ARK 21Shares Bitcoin ETF dirancang untuk melacak indeks dan menawarkan eksposur tidak langsung ke Bitcoin. Sementara itu, GBTC adalah trust yang secara langsung memegang Bitcoin.

GBTC beroperasi lebih seperti dana tertutup, dan sahamnya dapat diperdagangkan dengan premi atau diskon yang signifikan terhadap nilai Bitcoin yang mendasarinya.

Baca juga: Ark Invest Lepas Saham Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) Senilai $6 Juta

Dampak Perubahan Strategi ARK Invest

Perubahan strategi ARK Invest ini mencerminkan tren yang lebih luas dalam lanskap regulasi. SEC tampaknya lebih memilih penciptaan tunai daripada penciptaan in-kind, menunjukkan kecenderungan regulasi menuju struktur investasi yang lebih tradisional di pasar crypto yang volatil. Dampak dari preferensi regulasi ini sangat luas.

Sebagian besar pengaju ETF yang merencanakan penciptaan in-kind mungkin sekarang harus menyesuaikan strategi mereka atau menghadapi potensi penundaan. Ini menunjukkan pengaruh kerangka kerja regulasi terhadap aspek operasional produk keuangan crypto.

Dalam kesimpulannya, transisi ARK 21Shares Bitcoin ETF dari eksposur langsung ke eksposur tidak langsung Bitcoin, ditambah dengan keterlibatan aktif SEC dalam membentuk struktur ETF, menandakan momen penting dalam ruang ETF crypto. Ini adalah perkembangan yang sedang berlangsung dan artikel ini mungkin akan diperbarui seiring dengan munculnya informasi baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: