Catatan Rapat FOMC Juni 2023 Telah Rilis, Bagaimana Respon Market Crypto?

Catatan Rapat FOMC Juni 2023 Telah Rilis, Bagaimana Respon Market Crypto?

Setelah periode penantian yang panjang, catatan rapat Federal Reserve (FOMC) Juni telah dirilis. Catatan ini bisa berdampak pada suku bunga dan hasil Treasury, yang merupakan faktor penting dalam permainan crypto global.

Dalam kejutan besar, Fed memilih untuk menghentikan peningkatan suku bunga selama sepuluh pertemuan. ‘Jeda hawkish‘ ini mengguncang pasar saham. Sebagai pasar yang didorong oleh sentimen dan spekulasi, keputusan Fed secara tidak langsung namun signifikan mempengaruhi nilai crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Inflasi dan Crypto

Dilansir dari The News Crypto, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) sangat memperhatikan kondisi pasar tenaga kerja, yang terkenal ketat.

Pasar tenaga kerja yang kuat biasanya memperkuat dolar, yang bisa, pada gilirannya, menekan harga crypto.

Selain itu, proyeksi masa depan menunjukkan peningkatan dalam suku bunga federal. Jika kenaikan suku bunga ini terjadi, mereka bisa mengganggu pasar crypto.

Baca Juga: CPI AS Diluar Dugaan, Harga Bitcoin Naik! Akankah The Fed Menahan Kenaikan Suku Bunga?

Pertumbuhan Ekonomi dan Dampaknya pada Crypto

crypto dan fomc
Sumber: Bloomberg

Anggota FOMC mengharapkan pertumbuhan PDB 1% untuk 2023. Trajektori ekonomi positif ini bisa membangkitkan kembali kepercayaan dalam investasi berisiko, termasuk crypto.

Selain itu, inflasi terus menjadi fokus utama dalam diskusi Fed, dengan proyeksi revisi sebesar 3,9% untuk inflasi inti. Dalam skenario ini, Bitcoin dan crypto lainnya sering muncul sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

Baca Juga: Pemangkasan Suku Bunga Fed Bisa Dorong Kenaikan Bitcoin dan Ethereum, Prediksi CEO Galaxy Digital

Pasar Crypto Menunggu Respon

Pasar crypto berada di persimpangan jalan penting saat menunggu dampak dari catatan rapat Fed Juni. Dengan inflasi, suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi menjadi fokus, efek gelombang pada crypto bisa meredam atau memicu sentimen investor. Waktu yang menarik berada di depan bagi penggemar crypto.

Dengan rilis catatan rapat FOMC Juni, pasar crypto berada dalam posisi yang menantang. Bagaimana mereka merespons akan sangat menentukan arah pasar di bulan-bulan mendatang.

Apakah ini akan memicu volatilitas baru atau membuka peluang investasi baru masih harus dilihat. Yang pasti, mata dunia akan terus memantau pasar crypto dan bagaimana mereka merespons keputusan Fed.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: