Eksekutif Haru Invest Ditangkap atas Dugaan Penggelapan Dana Nasabah Senilai $826 Juta!

Eksekutif Haru Invest Ditangkap atas Dugaan Penggelapan Dana Nasabah Senilai $826 Juta!

Dalam sebuah penyelidikan atas penangguhan penarikan dana secara tiba-tiba, jaksa Korea Selatan telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk beberapa individu kunci di Haru Invest, termasuk kedua CEO-nya. Penangkapan ini menandai babak baru dalam upaya pemerintah Korea Selatan untuk memberantas kejahatan kripto dan melindungi investor. Sebenarnya apa yang terjadi? Simak berita lengkpanya disini!

Eksekutif Haru Invest Ditangkap

Unit investigasi kejahatan aset virtual dari Kantor Kejaksaan Distrik Selatan Seoul telah menangkap tiga individu kunci di balik Haru Invest, menurut laporan Yonhap. Penangkapan ini dilakukan setelah pihak berwenang setempat memulai penyelidikan terhadap Haru dan perusahaan peminjaman mata uang kripto Delio menyusul penghentian penarikan dana secara tiba-tiba pada tanggal 14 Juni 2023.

Delio menjelaskan bahwa penangguhan tersebut merupakan akibat langsung dari penghentian deposito dan penarikan dana secara tiba-tiba di Haru Invest pada hari yang sama, sebuah platform yang sebelumnya bekerja sama dengan Delio.

Ketiga eksekutif Haru Invest tersebut dituduh menggelapkan mata uang kripto senilai sekitar 1,1 triliun won Korea ($826 juta) dari sekitar 16.000 pengguna, menurut laporan yang diterima oleh otoritas Korea Selatan.

Baca Juga: Misteri CEO Tak Terlihat: Skandal Investasi Crypto Hyperverse Terungkap!

Dugaan Penyalahgunaan Dana Nasabah

dugaan penyalahgunaan haru invest
Sumber: GetBlock

Otoritas terus menyelidiki dugaan penyalahgunaan dana nasabah oleh Haru. Haru mengiklankan investasi “bebas risiko” sambil memusatkan deposito pada satu orang. Penyelidikan bertujuan untuk mengungkap keadaan sebenarnya di balik penangguhan penarikan dana secara tiba-tiba.

Penerbitan surat perintah penangkapan menandakan fokus regulasi yang semakin intensif pada pinjaman mata uang kripto, didorong oleh beberapa kegagalan profil tinggi tahun lalu.

Langkah ini mencerminkan meningkatnya kekhawatiran regulator atas stabilitas sektor dan praktik yang tidak transparan, dengan regulator global berupaya meningkatkan kebijakan untuk perlindungan konsumen yang lebih besar terhadap risiko inheren dari pinjaman kripto.

Baca Juga: Skandal Crypto Terungkap: Dari Penipuan Jutaan Dolar Hingga Kebangkitan Teknologi Baru

Upaya Pemerintah Korea Selatan dalam Mengatur Industri Kripto

Penangkapan eksekutif Haru Invest menunjukkan komitmen pemerintah Korea Selatan dalam mengatur industri kripto dan melindungi investor. Langkah ini diharapkan dapat memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan kripto dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap aset digital. Pemerintah Korea Selatan juga telah mengusulkan proses pemeriksaan eksekutif kripto untuk memperkuat pengawasan terhadap sektor ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi