Pertama Kalinya! BlackRock iShares Bitcoin ETF (IBIT) Mengalami Hari Tanpa Inflow, Kok Bisa?

author:

Pertama Kalinya! BlackRock iShares Bitcoin ETF (IBIT) Mengalami Hari Tanpa Inflow, Kok Bisa?

Jakarta, Pintu News – Dalam sebuah kejadian yang belum pernah terjadi sebelumnya, BlackRock iShares Bitcoin Trust (IBIT) mengalami hari pertama tanpa arus masuk (inflow) keuangan sejak ETF Bitcoin diluncurkan di Amerika Serikat.

Kejadian ini menandai momen signifikan dalam sejarah ETF Bitcoin, yang telah menarik investasi miliaran dolar sejak debutnya.

Tren Inflow IBIT yang Terhenti

Sejak diluncurkan pada tanggal 11 Januari 2024, IBIT telah konsisten menarik investasi bernilai jutaan dolar setiap hari, mengumpulkan hampir $15,5 miliar hanya dalam 71 hari.

Baca juga: Bitcoin Terjun Bebas, ETF Spot AS Catat Arus Keluar $120 Juta

Sumber: Farside

Namun, pada tanggal 24 April 2024, tercatat bahwa tidak ada inflow keuangan sama sekali, sebuah fenomena yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk IBIT.

Kejadian ini terjadi di tengah periode sulit bagi sebagian besar ETF Bitcoin lainnya di Amerika Serikat.

Dari 11 ETF Bitcoin yang terdaftar, hanya Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund (FBTC) dan ARK 21Shares Bitcoin ETF (ARKB) yang mencatat inflow, masing-masing sebesar $5,6 juta dan $4,2 juta.

Dampak yang Lebih Luas di Pasar ETF

Sementara itu, Grayscale Bitcoin Trust ETF (GBTC) terus mengalami outflow besar. Pada tanggal yang sama, GBTC mencatatkan outflow sebesar $130,4 juta.

Akibatnya, ETF Bitcoin spot secara keseluruhan mengalami net outflow sebesar $120,6 juta pada hari tersebut.

Meskipun kejadian ini merupakan yang pertama bagi IBIT, tidak memiliki inflow bukanlah hal yang aneh di antara peserta ETF lainnya. Sebagai contoh, FBTC milik Fidelity telah mengalami tiga hari tanpa inflow dalam dua minggu terakhir.

Baca juga: ETF Bitcoin Catat Arus Masuk $31 Juta, BlackRock & Ark 21Shares Memimpin Jalan!

Hingga saat ini, pasar ETF Bitcoin di AS telah mengakumulasi net $12,3 miliar dalam Bitcoin.

Perkembangan dan Tantangan Regulasi yang Mendatang

Beberapa peserta pasar ETF Bitcoin juga sedang dalam proses mengajukan ETF Ether (ETH) di Amerika Serikat.

Namun, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) baru-baru ini menunda keputusan persetujuan untuk beberapa di antaranya.

Keputusan SEC tentang apakah akan mengizinkan konversi Grayscale’s ETH Trust menjadi produk yang diperdagangkan di bursa di NYSE Arca telah diperpanjang selama 60 hari hingga 23 Juni. Kejadian ini mencerminkan dinamika dan tantangan yang dihadapi dalam regulasi produk keuangan yang terkait dengan crypto.

Secara keseluruhan, BlackRock iShares Bitcoin Trust mengalami hari tanpa inflow keuangan merupakan indikasi bahwa bahkan produk keuangan yang paling sukses sekalipun dapat mengalami fluktuasi dan tantangan.

Kejadian ini mengingatkan kepada investor dan pelaku pasar tentang volatilitas yang inheren dalam investasi crypto dan pentingnya mengelola ekspektasi dalam investasi jangka panjang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: