Momen Bersejarah, Ripple Menang Besar Atas SEC Menjelang Hari Keadilan Internasional 2023!

Momen Bersejarah, Ripple Menang Besar Atas SEC Menjelang Hari Keadilan Internasional 2023!

Hari ini, 17 Juli 2023, ditetapkan sebagai Hari Keadilan Internasional 2023. Uniknya, tepat pada perayaan Hari Keadilan Internasional ini, ada satu momen penting dan gempar yang baru-baru ini terjadi di industri crypto.

Pada Hari Keadilan Internasional 2023, dunia crypto merayakan kemenangan penting. Pengadilan Distrik AS di Distrik Selatan New York telah membuat putusan penting bagi industri crypto. Setelah pertempuran hukum yang panjang, Hakim Analisa Torres memutuskan sebagian besar mendukung Ripple Labs, menyatakan bahwa XRP bukanlah sekuritas ketika dijual kepada investor ritel. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Reaksi Industri Crypto terhadap Kemenangan Ripple

Putusan awal pada hari Kamis, 13 Juli 2023, telah memicu permintaan besar-besaran untuk token XRP. Harga pasar XRP telah melonjak sekitar 65% sejak saat itu, dibandingkan dengan kenaikan hanya 2,3% dan 6,4% dari Bitcoin dan Ethereum, masing-masing, dalam 24 jam terakhir, menurut Coinmarketcap.

Namun, XRP bukanlah satu-satunya koin yang mendapatkan keuntungan dengan cepat. Cardano (ADA) dan Solana (SOL), yang juga diberi label sebagai sekuritas yang tidak terdaftar oleh SEC dalam tuntutan hukum terpisah terhadap bursa, melonjak sekitar 20% dan 28%, masing-masing.

Baca Juga: Ripple dan Universitas Terbesar di Kanada Luncurkan Validator XRP, Seperti Apa?

Mulai Didaftarkan/Relisting Lagi

Gugatan SEC terhadap Ripple pada Desember 2020 memaksa beberapa exchange crypto berbasis AS untuk menghapus daftar token untuk menghindari kemungkinan balasan regulator untuk mencantumkan sekuritas yang diduga tidak terdaftar. Namun, setelah putusan hari Kamis, sejumlah exchange crypto bersedia menawarkan XRP lagi.

Coinbase dan Gemini telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mendaftarkan kembali XRP di platform perdagangan mereka. Kraken melangkah lebih jauh dan sudah mengaktifkan perdagangan XRP untuk pengguna AS mereka pada akhir hari itu.

Baca Juga: 3 Bank Lokal Jepang Adopsi MoneyTap, Sistem Pembayaran Berbasis Ripple

Putusan yang Berbeda

ripple vs sec
Sumber: NFTS

Menurut Finance Magnates, meskipun industri crypto merayakan kemenangan Ripple, itu hanya sebagian. Pengadilan menyatakan bahwa penjualan XRP kepada investor canggih dan hedge fund melanggar hukum sekuritas federal AS. Dalam kasus-kasus tersebut, XRP dapat dikategorikan sebagai sekuritas.

“Pengadilan telah menemukan Ripple melanggar hukum sekuritas, khususnya dalam kaitannya dengan penjualan langsung kepada investor institusional,” kata Kepala Produk CoinShares, Townsend Lansing.

Pada Hari Keadilan Internasional 2023, kemenangan Ripple atas SEC menandai tonggak penting dalam regulasi crypto. Meski hanya sebagian, putusan ini menetapkan preseden hukum yang kuat dan dapat membentuk masa depan regulasi crypto di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: