Harga Solana (SOL) Melonjak 14,59%, Awal dari Dominasi Baru di Dunia Crypto?

Harga Solana (SOL) Melonjak 14,59%, Awal dari Dominasi Baru di Dunia Crypto?

Dalam dunia crypto yang penuh dinamika, Solana (SOL) baru-baru ini mencuri perhatian dengan lonjakan harga sebesar 14,59% dalam 24 jam terakhir, per 2 Oktober 2023. Dengan kenaikan ini, Solana berhasil menggeser Dogecoin (DOGE) dan menduduki posisi kedelapan dalam daftar crypto teratas berdasarkan Coinmarketcap. Namun, apa yang sebenarnya mendorong kenaikan ini? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Analisis Teknikal dan Prediksi Harga Solana Hari Ini

analisis teknikal 2 oktober
Sumber: Market Pintu

Dengan harga mencapai Rp378.990 per 2 Oktober 2023, Solana (SOL) menyentuh kenaikan hingga 24% hanya dalam waktu 1 minggu. Sejak pertengahan September 2023, Solana telah mencatatkan kenaikan yang signifikan lebih dari 24%.

Dari sisi teknikal, harga SOL saat ini diperdagangkan di atas rata-rata bergerak 20 hari dan 50 hari. Indikator MACD menunjukkan tanda bullish dengan garis MACD dan garis sinyal keduanya berada di bawah garis nol, menunjukkan sentimen positif di chart.

Jika melihat ke depan, menurut Coingape, harga SOL mungkin menemui resistensi di level Rp341.584 dan Rp372.637. Jika berhasil menembus level tersebut, harga bisa melonjak hingga Rp496.849. Namun, jika gagal mempertahankan posisi saat ini, tren menurun mungkin akan kembali dengan level support di $Rp279.477 dan Rp248.424.

Baca Juga: Pendiri Solana Labs Sebut Ethereum Bisa Jadi Solusi Layer-2 untuk Blockchain Solana!

Kemitraan Solana dengan Shopify dan Potensi Pembayaran Desentralisasi

kemitraan solana dan shopify
Sumber: Solana

Momentum harga SOL didukung oleh beberapa perkembangan utama dalam ekosistem Solana. Pada Agustus 2023, Solana mengumumkan integrasinya dengan pemimpin e-commerce global, Shopify.

Kerjasama ini akan mengintegrasikan Solana Pay, protokol pembayaran desentralisasi, langsung ke platform Shopify. Hal ini membuka peluang bagi jutaan bisnis untuk menerima pembayaran blockchain dengan lancar.

Solana Pay berjanji untuk menyediakan pengalaman pembayaran yang revolusioner bagi pedagang dan konsumen, dengan biaya yang lebih rendah, waktu penyelesaian yang lebih cepat, dan penurunan insiden chargeback. Selain itu, akan memberikan akses ke kemungkinan-kemungkinan menarik dari perdagangan Web3, termasuk promosi berbasis token, kemampuan pembayaran global, dan program loyalitas berbasis NFT.

Baca Juga: Prediksi Harga Solana (SOL) 2023, 2025, 2030: Harga Solana Bisa Melambung 21.224%!

Optimisme ETF dan Dampaknya pada Pasar Crypto

Sementara Solana mencuri perhatian, sektor crypto sedang bergolak dengan antisipasi atas proposal ETF Ethereum oleh VanEck. Langkah ini telah memicu optimisme di pasar, meskipun ada kekhawatiran tentang potensi penjualan aset berisiko seperti Bitcoin.

Komunitas crypto terus menantikan keputusan dari Securities and Exchange Commission (SEC) mengenai ETF. Meskipun SEC telah menunda beberapa aplikasi ETF dari institusi keuangan besar, sentimen komunitas tampaknya membaik, terutama setelah proposal VanEck.

Persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC dapat membuka jalan bagi integrasi crypto yang signifikan ke dalam portofolio keuangan mainstream. Hal ini dapat memicu aliran investasi baru hingga $600 miliar, melihat valuasi pasar keseluruhan Bitcoin saat ini sekitar $550 miliar.

Dengan dinamika pasar yang terus berubah dan perkembangan baru di sektor crypto, Solana dan cryptocurrency lainnya terus menunjukkan potensi besar. Namun, seperti yang selalu terjadi di dunia crypto, hanya waktu yang akan menentukan arah selanjutnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: