Harga Solana Hari Ini 13 Februari Naik: Bulls Pegang Kendali?

author:

Harga Solana Hari Ini 13 Februari Naik: Bulls Pegang Kendali?

Mampu bertahan di tengah crypto winter yang terjadi di tahun 2022, harga Solana di awal tahun 2023 terlihat mengalami beberapa kali peningkatan yang cukup signifikan. Khususnya di awal tahun, ketika Solana meluncurkan koin meme, BONK, yang berhasil mendorong harga Solana naik hingga 22%.

Setelah terlewatinya puluhan hari sejak peluncuran koin meme BONK, bagaimana kabar harga Solana (SOL) hari ini? Simak selengkapnya hingga akhir!

Harga Solana (SOL) Naik 1,03% Dalam Waktu 24 Jam

Sumber: Pintu Market

Dilansir dari market Pintu, harga Solana hari ini mengalami peningkatan sebanyak 1,03% dalam waktu 24 jam. Sempat menyentuh titik terendahnya di harga Rp314.830 pada 12 Februari 2023, dan menyentuh harga tertingginya di Rp341.776 pada 13 Februari 2023.

Baca juga: Prediksi Harga Solana Februari 2023: Harga SOL Bisa Tembus Rp500 ribu?

Volume Perdagangan Solana Naik 164,99%

Sumber: CoinMarketCap

Tercatat di CoinMarketCap, per 13 Februari 2023, Solana masih menempati urutan ke-11 berdasarkan jumlah market cap-nya yang mencapai sekitar Rp118 triliun, dengan adanya peningkatan 0,27% dalam waktu 24 jam. Selain itu, volume perdagangan Solana juga alami kenaikan sebesar 164,99%, hingga mencapai Rp9,7 triliun, dalam 24 jam terakhir.

Analisis Grafik 1 Hari: Harga Solana (SOL) Bergerak Naik ke $20,92 Setelah Kenaikan yang Kuat

Sumber: Trading View

Per 12 Februari 2023, Cryptopolitan melaporkan bahwa analisis harga Solana pada grafik satu hari menunjukkan bahwa pembeli memegang kendali, karena kenaikan telah memimpin dan meningkatkan posisi mereka. Pada 12 Februari 2023, harga Solana (SOL) diperdagangkan pada $20,92, setara dengan Rp318.527 ($1 = Rp15.226). Pada hari itu, Solana mengalami kenaikan nilai sebesar 3,06 persen selama 24 jam terakhir.

Menurut data di atas, Moving Average Convergence and Divergence atau MACD menunjukkan bahwa mata uang crypto SOL diperdagangkan di zona positif karena garis MACD berada di atas garis sinyal. Selanjutnya, rata-rata pergerakan eksponensial 20 hari telah melintasi di atas SMA 50 hari, mengindikasikan bahwa bulls sedang memegang kendali. Relative Strength Index (RSI) juga berada di zona positif di 53,73, mengindikasikan bahwa Solana (SOL) berada dalam tren naik.

Baca juga: Pengembangnya Meningkat 83%, Para Pendiri Solana Beberkan Visi Optimis di Tahun 2023

Grafik 4 jam Harga Solana (SOL): Menunjukkan Persilangan Bullish

Sumber: Trading View

Dilansir dari Cryptopolitan (12/2/23), grafik 4 jam untuk SOL menunjukkan bahwa aset digital ini diperdagangkan dalam pola terikat kisaran. Dalam 24 jam terakhir, pasar mata uang crypto telah melihat banyak momentum positif, karena sebagian besar aset utama mengalami kenaikan yang signifikan, harga Solana (SOL) juga telah meningkat 3,06% dalam sehari terakhir.

Grafik 4 jam harga Solana menunjukkan bahwa bulls memegang kendali, karena SOL diperdagangkan di atas MA 10 hari dan 50 hari. Relative Strength Index (RSI) juga terlihat melayang di sekitar 33,48 setelah kenaikan harga, tetapi karena kenaikan harga cukup lambat, RSI juga diperdagangkan pada garis horizontal. Indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD) juga menunjukkan persilangan bullish, yang dapat mengindikasikan bahwa kenaikan ini berada di atas angin.

Secara keseluruhan, Cryptopolitan mencatat bahwa analisis harga harian Solana menunjukkan bahwa kenaikan memegang kendali, dan tren naik diperkirakan akan berlanjut selama beberapa hari ke depan. Jika pembeli dapat menembus resistensi $20.95 atau Rp318.984, maka target berikutnya untuk Solana adalah $20.98, setara dengan Rp319.441.

Baru-baru Ini, Penjualan NFT Solana (SOL) Melonjak

Mengutip dari U Today (13/2/23), penjualan NFT di jaringan Solana baru-baru ini terlihat melonjak ke level tertinggi baru setelah berbulan-bulan mengalami penurunan kinerja karena jatuhnya industri NFT dan DeFi. Kenaikan kinerja ini kemungkinan besar berkaitan dengan pemulihan pasar mata uang crypto secara keseluruhan, yang telah menyebabkan peningkatan toleransi risiko di kalangan investor. Karena investor menjadi lebih berani mengambil risiko, permintaan NFT pun meningkat, dan berkontribusi pada lonjakan penjualan NFT di jaringan Solana.

Sumber: Twitter

Kabar adanya lonjakkan NFT di jaringan Solana juga dibagikan oleh akun Twitter Delphi Digital dalam sebuah thread, yang mengatakan bahwa jumlah rata-rata perdagangan meningkat dengan adanya jumlah pembeli yang melebihi jumlah penjual.

Dengan adanya peningkatan penjualan NFT di jaringan Solana ini merupakan pertanda positif bagi industri, yang menunjukkan bahwa pasar NFT mungkin sedang menuju pemulihan. Baca selengkapnya di Pasar NFT Melambung Lagi, 2 NFT Ini Laku Hingga Rp20 Miliar.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: