Harga Solana (SOL) Capai Puncak Tahunan, Apakah Fundamental Kuat Mendukung Reli SOL?

Harga Solana (SOL) Capai Puncak Tahunan, Apakah Fundamental Kuat Mendukung Reli SOL?

Harga Solana (SOL) baru-baru ini melonjak mencapai puncak baru di tahun ini setelah Ripple memenangkan sebagian dari kasus yang diajukan oleh Komisi Bursa dan Sekuritas Amerika Serikat (SEC) tentang status XRP sebagai sekuritas.

Harga SOL mencatat kenaikan sebesar 48,09%, mencapai puncak $32,40 sebelum kembali turun di bawah level $30. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pertumbuhan Ekosistem Solana Tertahan

total fees yang dibayarkan solana
Total biaya yang dibayarkan di Solana. Sumber: Token Terminal

Dilansir dari BeInCrypto, total biaya yang dibayar di Solana masih berada di bawah level Q3 2022, menunjukkan bahwa aktivitas jaringan belum sepenuhnya pulih.

Ekosistem blockchain ini memiliki hubungan dekat dengan Sam Bankman-Fried, pendiri bursa FTX yang terkenal, dan beberapa proyek dalam ekosistem yang mendapatkan investasi dari Alameda Research. Oleh karena itu, ekosistemnya sangat terpengaruh setelah runtuhnya FTX.

Baca Juga: Pendiri Solana Labs Sebut Ethereum Bisa Jadi Solusi Layer-2 untuk Blockchain Solana!

Pengguna Aktif Solana dan Volume Perdagangan NFT

jumlah dompet aktif di solana
Jumlah dompet aktif di Solana. Sumber: Nansen

Data pengguna aktif Solana menunjukkan gambaran yang serupa, dengan alamat aktif yang bergerak dekat level terendah tahunan.

Proyek ini terus menunjukkan tanda-tanda kesulitan dalam mengamankan pasar produk di bidang DeFi meskipun optimisme awal trader tentang hal itu.

Total deposit di Solana, yang mewakili likuiditas DeFi-nya, adalah $317 juta, turun 97% dari puncaknya lebih dari $10 miliar pada November 2021.

Baca Juga: Solana Mengintegrasikan AI ke Blockchain dan Naikkan Dana Hibah Jadi Rp149 Miliar!

Analisis Harga SOL dan Potensi Masa Depan

prediksi harga sol pasca ripple
Grafik harian SOL/USDT. Sumber: Cointelegraph

Menurut Cointelegraph, pasangan SOL/USD bergerak di atas resistensi dari garis tren menurun jangka panjang sejak puncak 2021, secara teknis menunjukkan akhir dari tren bearish jangka panjang.

Namun, para trader menghadapi hambatan yang cukup besar di $30.00, yang telah membentuk level support dan resistensi jangka panjang. Konfirmasi dari tren bullish jangka panjang hanya akan datang setelah para trader membangun support di atas level ini.

analisa sol pasca ripple
Grafik harian SOL/BTC. Sumber: Cointelegraph

Meski demikian, Indikator Kekuatan Relatif mingguan (RSI), sebuah indikator momentum, menunjukkan bahwa masih ada ruang untuk kenaikan. Pasangan SOL/BTC menghadapi resistensi dari level puncak tahunan sekitar 0,00114 Bitcoin (BTC). Level 50-day weekly moving average di 0,00104 BTC juga tampaknya bertindak sebagai resistensi penting karena harga puncaknya tepat di titik ini pada 14 Juni 2023.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: