Harga Saham Penambang Bitcoin Meroket Jelang Halving!

Harga Saham Penambang Bitcoin Meroket Jelang Halving!

Jakarta, Pintu News – Harga saham beberapa perusahaan penambang Bitcoin (BTC) yang terdaftar di bursa saham Nasdaq ditutup dengan kenaikan signifikan sejak 19 April 2024 menjelang acara halving Bitcoin. Halving Bitcoin adalah peristiwa yang terjadi setiap empat tahun sekali, di mana hadiah yang diterima penambang Bitcoin dipotong setengahnya.

Perusahaan Penambang Bitcoin Bersiap Hadapi Halving

Halving Bitcoin dapat mengganggu operasi bisnis penambangan Bitcoin karena hadiah yang mereka terima berkurang. Namun, investor saham berspekulasi tentang perusahaan mana yang akan memimpin industri ini, dengan beberapa perusahaan penambang melonjak hingga 10% per 19 April 2024 sebelum acara halving.

Baca Juga: Market Sempat Flash Dump, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (19/4/24)?

Riot Platforms (RIOT) mengalami pertumbuhan paling signifikan di antara perusahaan penambang Bitcoin yang terdaftar di bursa pada hari perdagangan 19 April, dengan harga sahamnya naik 10,13% menjadi $9,13. Pada hari yang sama, Riot mengumumkan peluncuran fasilitas penambangan baru seluas 250 hektar di Corsicana, Texas.

Strategi Penambang Bitcoin Hadapi Halving

sejarah bitcoin halving
Generated by AI

Peristiwa halving memicu penambang Bitcoin untuk mengubah strategi operasional mereka jika mereka ingin mempertahankan margin keuntungan yang sama. Penambang Bitcoin yang tetap menggunakan energi dan sumber daya yang sama untuk menambang Bitcoin berpotensi mengalami penurunan keuntungan.

Hal ini membuat penambang memiliki dua pilihan, yaitu memperluas operasi untuk menghasilkan tingkat pendapatan kotor yang sama atau menghentikan operasi sama sekali. CEO Hut 8, Asher Gennot, baru-baru ini menjelaskan bahwa beberapa perusahaan penambang Bitcoin bangkrut pada tahun 2022 karena terlalu banyak berutang dan tidak siap menghadapi kenaikan biaya energi.

Persiapan Penambang Bitcoin Jelang Halving

Meskipun demikian, penambang Bitcoin besar baru-baru ini telah mengakuisisi sejumlah besar peralatan baru sebagai persiapan untuk acara tersebut. Marathon Digital baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi fasilitas penambangan Bitcoin 200-megawatt (MW) di Texas seharga $87,3 juta.

Sementara itu, pada bulan Desember 2023, perusahaan penambang Bitcoin pesaing, Riot Platforms, membeli 66.560 rig penambangan dari pabrikan MicroBT dalam salah satu ekspansi terbesar dari tingkat hash dalam sejarah perusahaan.

Penutup

Halving Bitcoin merupakan peristiwa penting yang dapat mempengaruhi industri penambangan Bitcoin. Perusahaan penambang Bitcoin harus menyesuaikan strategi mereka untuk menghadapi halving dan mempertahankan profitabilitas. Meskipun halving dapat menyebabkan penurunan hadiah penambang, kenaikan harga Bitcoin dapat mengimbangi dampak negatif tersebut.

Baca Juga: Harga ONT Meroket Lebih dari 36%, Mengapa Ontology Naik Hari Ini (19/4/24)?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi