Harga MPLX Melejit 136%, Mengapa Metaplex Crypto Naik Hari Ini (26/3)?

author:

Harga MPLX Melejit 136%, Mengapa Metaplex Crypto Naik Hari Ini (26/3)?

Jakarta, Pintu News – Pada 26 Maret 2024, pasar crypto dikejutkan dengan lonjakan harga yang signifikan dari Metaplex (MPLX).

Di tengah dominasi kenaikan nilai secara keseluruhan hari ini, MPLX bersinar terang dengan kenaikan nilai yang lebih dari 136% dalam waktu 24 jam terakhir. Kira-kira, apa yang menyebabkan kenaikan harga Metaplex hari ini?

Harga MPLX Naik 136,05% dalam Waktu 24 Jam

Sumber: Pintu Market

Dilansir laman Pintu market hari ini (26/3), harga MPLX meroket tinggi 136,05% dalam waktu 24 jam. MPLX sempat menyentuh harga terendahnya di Rp2.788 dan harga tertingginya di Rp6.581.

Menurut data dari CoinMarketCap, kapitalisasi pasar Metaplex juga mengalami lonjakan signifikan, yakni 130,30% menjadi $103 juta, dengan volume perdagangan yang menyentuh $12 juta, mencatat adanya peningkatan 1065,26% dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (26/3/24), Nomor 1 Meroket Tinggi hingga 136%

Metaplex Core: Standar NFT Generasi Selanjutnya

Dilansir dari Decrypt, Metaplex Foundation telah mengungkapkan bahwa mereka meluncurkan standar non-fungible token (NFT) baru untuk Solana yang lebih murah untuk dicetak dan lebih mudah digunakan oleh para pengembang.

Metaplex Core disebut sebagai standar NFT generasi berikutnya untuk jaringan Solana, memangkas biaya pencetakan dan permintaan jaringan hingga lebih dari 80% dibandingkan dengan standar Metadata Token yang ada di Solana.

“Core adalah puncak dari pembelajaran kami sejak kami memperkenalkan standar NFT Solana pertama kali pada awal 2021,” kata Direktur Metaplex Foundation Stephen Hess kepada Decrypt.

Dibandingkan dengan standar Token Metadata yang harus berinteraksi dengan banyak akun Solana, Core mengurangi total ini menjadi hanya satu, sebuah langkah yang menurut Metaplex dapat “meningkatkan kinerja jaringan untuk Solana secara lebih luas.”

Namun, penyederhanaan ini tidak berarti terbatas. Foundation menyarankan bahwa Metaplex Core datang dengan dukungan plugin yang substansial, memungkinkan pengembang untuk memasukkan berbagai fitur tambahan seperti “staking terintegrasi” dan “sistem poin berbasis aset.”

Baca juga: Metaplex Memperkenalkan Standar Baru, Harga Solana (SOL) Bereaksi!

Potensi Baru untuk Pengumpulan NFT

Dokumentasi lebih lanjut menunjukkan bahwa Core bisa membuka mekanisme pengumpulan yang lebih maju di Solana, seperti fungsi burn-to-mint yang mencakup banyak aset lagi—hingga potensi 70 NFT yang dibakar dalam satu transaksi. Hal ini meningkat dari hanya 3-4 NFT sekaligus menggunakan standar Token Metadata.

Foundation mengatakan bahwa perubahan tingkat koleksi juga akan lebih mudah dengan Core, dan standar ini juga akan memungkinkan kompatibilitas yang ditingkatkan antara standar NFT di rantai lain melalui plugin potensial dari proyek lintas-rantai seperti LayerZero atau Wormhole.

Dampak MPLX pada DAO Metaplex

Selain meluncurkan standar baru, Metaplex Foundation telah berkomitmen untuk memasukkan 50% dari semua biaya sepanjang waktu dari protokol Metaplex ke dalam treasury DAO Metaplex melalui token MPLX. Ini berarti komunitas dapat memilih bagaimana dana tersebut pada akhirnya digunakan untuk adopsi lebih lanjut.

Token MPLX, yang diluncurkan di Solana pada September 2022 dan dijatuhkan ke pencipta yang menggunakan protokol di masa lalu, belum memiliki utilitas signifikan hingga saat ini.

Metaplex Foundation akan mengambil 50% dari semua biaya protokol sebelumnya dan menggunakannya untuk membeli MPLX yang akan diberikan ke treasury DAO, dengan 50% dari biaya masa depan digunakan untuk tujuan yang sama.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: