Harga Dogecoin Melesat 103% Dalam 1 Minggu, Apa yang Terjadi?

Harga Dogecoin Melesat 103% Dalam 1 Minggu, Apa yang Terjadi?

Akuisisi Twitter yang dilakukan oleh CEO Tesla, Elon Musk, telah memberi profit bagi 62% investor Dogecoin (DOGE), di tengah spekulasi bahwa pembelian Twitter Musk akan memberikan sentimen positif untuk token meme ini. Tak hanya itu, baru-baru ini para holder DOGE juga sedang ramai memperbincangkan kenaikan harga DOGE yang sangat signifikan pada 1 minggu terakhir, yakni mencapai lebih dari 100%.

Harga DOGE Naik Hingga 103% Dalam 1 Minggu

Harga DOGE Naik Hingga 103% Dalam 1 Minggu
freepik.com

Dilansir dari CoinTelegraph, Pada 26 Oktober 2022, harga DOGE mulai terpantau naik, ketika Elon Musk mengubah bio Twitter-nya menjadi “Chief of Twit”, dan pada hari yang sama itu, ia mengunjungi kantor pusat Twitter yang berbasis di San Francisco sebelum secara resmi menutup kesepakatan sebagai pemilik baru pada 28 Oktober 2022.

Dilansir dari laman market Pintu, dalam 1 minggu terakhir, harga DOGE telah melonjak hingga 103% dan menyentuh harga sekitar Rp2.300.

Menurut data dari platform intelijen blockchain, IntoTheBlock, sebanyak 62% holder DOGE mengalami profit atau mendapat keuntungan dengan harga DOGE saat ini, yang mana mengalahkan Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) yang masing-masing hanya sebanyak 54% dan 57% holder yang mengalami profit.

DOGE Tempati Urutan Ke-8 Berdasarkan Market Cap

daftar crypto dengan market cap terbesar
coinmarketcap.com

Peristiwa kenaikan harga DOGE tersebut juga memicu kapitalisasi pasar atau market cap DOGE yang melampaui platform smart-contracts Cardano dan Solana. Per penulisan artikel ini, DOGE menjadi cryptocurrency terbesar ke-8 di dunia dengan kapitalisasi pasar mencapai $16,3 miliar ($1 kurs = Rp15.590)

Integrasi Dogecoin ke Twitter

Dikutip dari CoinTelegraph, momentum pembelian Twitter oleh Elon Musk dan lonjakan harga DOGE yang besar bukanlah hal yang mengejutkan karena banyak investor Dogecoin memiliki harapan besar untuk Musk, yang dijuluki “The Dogefather” untuk mengintegrasikan Dogecoin ke Twitter.

Matt Wallace, yang merupakan seorang crypto blogger dengan akun Twitter terverifikasi bernama @MattWallace888 mengatakan kepada 678.400 pengikutnya di Twitter pada 28 Oktober 2022 bahwa dia yakin Twitter yang terintegrasi dengan Dogecoin akan menampilkan “kemampuan #Dogecoin.”:

Akun Twitter Matt Wallace
(Sumber: Akun Twitter @MattWallace888)

Baca Juga: Rencana Elon Musk Beli Twitter dan Gunakan DOGE di Twitter

Sementara itu, fan page Dogecoin yang bernama “Doge Whisperer” yang memiliki akun Twitter @TDOGEwhisperer dengan jumlah pengikut sebanyak 17.400 orang itu, berspekulasi bahwa sistem tip berbasis Dogecoin dapat diterapkan untuk tweet yang populer:

Akun Twitter Dog Whisperer
(Sumber: Akun Twitter @TDogewhisperer)

Bahkan, CEO dan founder Cardano (ADA), Charles Hoskinson, yang memiliki akun Twitter bernama @IOHK_Charles dengan jumlah pengikut sebanyak 953.000 dan sudah verified itu, juga menyatakan bahwa ada kemungkinan besar bahwa Dogecoin akan berintegrasi ke Twitter:

Akun Twitter Charles Hoskinson
(Sumber: Akun Twitter @IOHK_Charles)

Hoskinson juga berkenan untuk menjadikan Dogecoin sebagai sidechain Cardano secara gratis, dan menambahkan fungsi smart contract.

Selain pembelian Twitter oleh Elon Musk dan kenaikan harga DOGE yang signifikan, pada Januari 2022 lalu, Tesla juga sudah menerima DOGE sebagai metode pembayaran untuk pembelian merchandise. Tak hanya itu, Musk juga mengisyaratkan untuk melakukan hal yang sama di SpaceX pada bulan Mei 2022 lalu.

Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: