Penambang Bitcoin Terjepit, Harga Hash Anjlok ke Level Terendah Sejak Oktober 2023

Penambang Bitcoin Terjepit, Harga Hash Anjlok ke Level Terendah Sejak Oktober 2023

Jakarta, Pintu News – Setelah menikmati keuntungan besar selama peristiwa halving Bitcoin baru-baru ini, para penambang kini menghadapi penurunan tajam dalam harga hash. Harga hash rata-rata yang diperoleh penambang Bitcoin (BTC) per hash yang dilakukan, telah mencapai level terendah sejak Oktober 2023. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peristiwa Halving Bitcoin Mengurangi Hadiah Blok Penambang

Peristiwa halving Bitcoin memangkas hadiah blok penambang dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC, sementara biaya operasional sektor ini tetap stabil. Meskipun terjadi pengurangan hadiah, total hash rate jaringan tetap stabil sejak peristiwa halving, menunjukkan bahwa penambangan BTC masih menguntungkan pada harga Bitcoin saat ini.

Pada hari halving, biaya transaksi mencapai level tertinggi relatif terhadap total pendapatan yang dihasilkan oleh para penambang. Sementara dampak langsung menunjukkan stabilitas, dampak jangka panjang pada hash rate dan aktivitas penambang secara keseluruhan masih dapat berubah.

Baca Juga: Mining Grid Luncurkan ‘Mining Race’: Masa Depan Cerah bagi Penambang Bitcoin!

Biaya Operasional Penambangan Tetap Stabil

grafik harga hash bitcoin
Sumber: CryptoQuant

Meskipun hadiah blok berkurang, biaya operasional penambangan Bitcoin tetap stabil. Biaya listrik, peralatan, dan tenaga kerja tetap sama, sehingga penambang harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan keuntungan yang sama.

Untuk mengatasi hal ini, beberapa penambang telah beralih ke sumber energi terbarukan yang lebih murah, seperti tenaga surya dan tenaga air. Penambang lain telah meningkatkan efisiensi operasi mereka dengan menggunakan peralatan yang lebih hemat energi dan teknik pendinginan yang lebih baik.

Baca Juga: Terobosan Baru Trojan Mining: Luncurkan Situs Mining Bitcoin Berdaya 500KW!

Penambang Kecil Terdampak Paling Parah

Penurunan harga hash berdampak paling parah pada penambang kecil. Penambang kecil memiliki lebih sedikit sumber daya dan lebih sedikit daya tawar dengan pemasok energi dan peralatan. Akibatnya, mereka lebih mungkin untuk menutup operasi mereka jika harga hash tetap rendah.

Penutupan operasi penambangan kecil dapat menyebabkan sentralisasi penambangan Bitcoin. Saat ini, jaringan Bitcoin cukup terdesentralisasi, dengan banyak penambang kecil dan menengah. Namun, jika penambang kecil terpaksa tutup, jaringan Bitcoin dapat menjadi lebih terpusat, yang dapat membahayakan keamanannya.

Kesimpulan

Penurunan harga hash Bitcoin merupakan tantangan bagi para penambang. Penambang harus beradaptasi dengan kondisi baru ini agar tetap menguntungkan. Beberapa penambang telah beralih ke sumber energi terbarukan yang lebih murah, sementara yang lain telah meningkatkan efisiensi operasi mereka.

Namun, penambang kecil tetap paling rentan terhadap penurunan harga hash. Penutupan operasi penambangan kecil dapat menyebabkan sentralisasi penambangan Bitcoin, yang dapat membahayakan keamanannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi