Harga Fantom Naik 10,41% Dalam 24 Jam, Memiliki Kondisi Finansial yang Sehat Menurut Andre Cronje

Harga Fantom Naik 10,41% Dalam 24 Jam, Memiliki Kondisi Finansial yang Sehat Menurut Andre Cronje

Dilansir dari laman market pintu, harga token Fantom (FTM) per 30 November 2022 naik secara signifikan yakni lebih dari 10% hingga mencapai harga Rp3.598 hanya dalam waktu 24 jam. Pasalnya, kenaikan harga tersebut beriringan dengan adanya berita dari Andre Cronje, terkait kondisi finansial Fantom.

Andre Cronje merupakan seorang tokoh pengembang yang paling terkenal dan produktif di industri decentralized finance (DeFi), menurut Academy Moralis. Dalam kaitannya dengan Fantom, Cronje memiliki peran yang penting dalam pengembangan ekosistem Fantom DeFi.

Lalu, seperti apa kondisi finansial Fantom sesuai dengan yang diungkapkan Cronje? Dan bagaimana kondisi harga FTM baru-baru ini? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Harga FTM Naik 10,41% Dalam 24 Jam

Dilansir dari market Pintu, baru-baru ini harga FTM naik secara signifikan, yakni 10,41% dalam waktu 24 jam saja. Per 30 November 2022, FTM sempat mencapai harga Rp3.598 setelah sebelumnya berada di harga Rp3.183 pada 29 November 2022 lalu.

Harga FTM Naik 10,41% Dalam 24 Jam
Sumber = Market Pintu Harga Fantom (FTM)

Market Cap FTM Naik 10,22% Hingga $573 Juta

Menurut data dari Coinmarketcap, tak hanya harga FTM yang naik secara signifikan, market cap FTM juga mengalami kenaikan yakni 10,22% hingga mencapai $573 juta hanya dalam waktu 24 jam. Sementara itu, berdasarkan data di Coinmarketcap, volume perdagangan FTM melesat hingga 19,15% yakni mencapai $178 juta lebih dalam waktu 24 jam. Per 30 November 2022, Fantom menempati urutan #66 di Coinmarketcap berdasarkan market cap-nya.

Market Cap FTM Naik 10,22% Hingga $573 Juta
Sumber = Coinmarketcap FTM

Baca Juga: Harga Dogecoin Melambung 19,4% Satu Jam Paska Elon Musk Bagikan Rencana Twitter 2.0!

Apa yang Menyebabkan Harga Fantom Naik?

Apa yang Menyebabkan Harga Fantom Naik?
Sumber: Canva Images

Apa yang mendorong harga FTM hingga berada di posisi tertinggi sejak awal November 2022?

Menurut coinjournal, jawabannya ada pada gelombang optimisme baru yang melanda ekosistem Fantom setelah adanya berita bagus mengenai keadaan keuangan Fantom. Seorang developer crypto, Andre Cronje membagikan detail yang pada dasarnya menunjukkan Fantom adalah cryptocurrency yang sehat secara finansial.

Adanya kenaikan harga FTM yang terjadi di market beriringan dengan peristiwa Cronje, seorang tokoh populer di industri DeFi yang menulis sebuah artikel yang mengungkapkan tentang kondisi keuangan Fantom. Dikutip dari Cryptonews, Cronje, penasihat dan pengembang ekosistem Fantom DeFi, mengungkapkan dalam sebuah artikel bahwa Fantom secara signifikan memiliki arus kas positif.

Menurut Cronje, perbendaharaan Fantom saat ini memiliki lebih dari 450 juta FTM, yang mana lebih dari $100 juta dalam bentuk stablecoin, dan lebih dari $100 juta dalam aset crypto. Platform DeFi tersebut juga menyimpan $50 juta di aset non-crypto, yang mana memungkinkan perusahaan tersebut untuk bisa beroperasi dalam waktu 30 tahun kedepan.

Fantom Memiliki ‘Arus Khas yang Positif’, Menurut Andre Cronje

Fantom Memiliki ‘Arus Khas yang Positif’, Menurut Andre Cronje
Sumber = The Crypto Times

Dilansir dari Coinjournal, Fantom tidak perlu menjual FTM untuk tetap berada di jalur hijau secara finansial selama beberapa tahun ke depan. Dengan lebih dari $10 juta yang diperoleh setiap tahun dari validator, delegator, berbagai strategi DeFi, dan biaya jaringan, Fantom merupakan cryptocurrency yang memiliki “arus kas positif” dan penskalaan, kata Cronje.

Sementara itu, Cronje, juga menyampaikan beberapa hal tentang pelajaran yang bisa didapatkan dari peristiwa beberapa proyek crypto yang sempat runtuh, ia menulis bahwa:

“Jika satu-satunya rencana bisnis Anda adalah melakukan penjualan token, Anda merugikan diri sendiri, blockchain Anda, dan pendukung Anda,” tulis Cronje, dikutip dari Coinjournal, Selasa (29/11/2022). Cronje juga mengungkapkan bahwa Fantom telah menolak untuk mengeluarkan jutaan dolar yang digunakan untuk listing, partnership/kolaborasi, dan implementasi pada NFT marketplace.

Baca Juga: Fan Token Melejit 170% Jelang Piala Dunia 2022! Ini 3 Fan Token Potensial Menurut Analis Crypto

3 Proyek Fantom, Salah Satunya Tomb Finance (TOMB)

Dikutip dari coinjournal, ada beberapa proyek Fantom masih dijalankan hingga saat ini, di antaranya adalah 3 proyek di bawah ini, apa sajakah proyek-proyek itu?

1. SpookySwap (BOO)

SpookySwap (BOO)
Sumber = Reddit

SpookySwap merupakan decentralized exchange (DEX) dan memiliki total value locked (TVL) tertinggi dari semua proyek di Fantom. Pengguna dapat menukarkan satu token dengan token lainnya dengan biaya yang sangat rendah di SpookySwap. Sementara itu, farm, staking pool, asset bridge, dan SpookySwap NFT membuat proyek ini lebih dari sekedar DEX.

2. Tomb Finance (TOMB)

Tomb Finance (TOMB)
Sumber = Chain Debrief

TOMB merupakan stablecoin algoritmik pertama Fantom yang dipatok dengan harga 1 FTM. Supply TOMB disesuaikan secara dinamis oleh mekanisme protokol yang mendasari untuk mempertahankan paritas harga dengan FTM. Paritas harga merupakan sebuah praktik untuk mempertahankan harga yang konsisten di semua saluran distribusi.

3. Scream (SCREAM)

Scream (SCREAM)
Sumber : DeFire

Scream adalah lending protocol dan proyek terbesar kedua di Fantom oleh TVL. Terinspirasi oleh platform serupa di Ethereum seperti C.R.E.A.M. Finance dan Compound, Scream menyediakan lending and borrowing yang terdesentralisasi, menggunakan crypto sebagai jaminan yakni dengan likuiditas tinggi dan insentif yang memberi pengguna keuntungan terbaik untuk uang mereka.

Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: