Harge ETH Pertama Kali Dijual Lebih Murah dari Daging Sapi! Nyesel Gak Beli dari Dulu?

Harge ETH Pertama Kali Dijual Lebih Murah dari Daging Sapi! Nyesel Gak Beli dari Dulu?

Kini Ethereum telah memasuki usia ke 7 tahun di pasar crypto dan telah membawa banyak perubahan bagi industri ini. Ethereum berhasil membuat kemajuan besar-besaran dan telah menjalankan sebanyak hampir 3000 aplikasi terdesentralisasi di bawah jaringannya (DApps).

Saat ini, kapitalisasi pasar Ethereum bernilai Rp2,9 kuadriliun atau lebih besar dari kapitalisasi pasar perusahaan besar seperti Adobe dan Netflix. Lalu berapakah harga Ethereum saat pertama kali diluncurkan 7 tahun yang lalu? Simak informasinya seperti dilansir laman Cointelegraph berikut ini.

Diluncurkan 7 Tahun Lalu, Harga ETH Meroket 56.761%!

Diluncurkan 7 Tahun Lalu, Harga ETH Meroket 56.761%!
Coinmarketcap

Versi pertama dari protokol cryptocurrency Ethereum, yang disebut Frontier, diluncurkan pada 30 Juli 2015. Saat itu, tingkat keamanan Frontier merupakan hal yang sangat inovatif dan maju di industri crypto. Namun jika dibandingkan dengan tingkat keamanan Ethereum saat ini, maka sistem keamanan Ethereum telah jauh melampaui Frontier.

Peluncuran Frontier menandai tonggak penting dalam sejarah jaringan, setelah itu para developer Ethereum mulai menggeluti pengembangan smart contract Ethereum dan merancang DApps dalam jaringan blockchain Ethereum.

Baca Juga: Ethereum Name Service Lelang 10.000 ETH, Apa Dampaknya Terhadap Harga ETH?

Tak lama dari itu, Ethereum mencatat sejarah penjualan native token-nya yang pertama bernama Ether pada Agustus 2015. Saat itu, harga ETH pertama kali adalah $2,77 per koin atau setara dengan Rp41.504 ($1 = Rp14.983) dan diperdagangkan di crypto exchange Kraken.

Jika dibandingkan dengan harga ETH saat ini, 1 Februari 2023, harga ETH berada di angka $1.578 atau setara dengan Rp23,6 juta. Dalam kata lain, ETH telah alami kenaikan sebesar 56.761% dalam waktu 7 tahun atau sejak awal diperdagangkan di bulan Agustus 2015.

Investasi Ethereum Tumbuh dari Rp1,4 Juta Jadi Rp851,9 Juta dalam 7 Tahun!

Investasi Ethereum Tumbuh dari Rp1,4 Juta Jadi Rp851,9 Juta dalam 7 Tahun!
Finbold

Jika kamu menginvestasikan uang sebesar $100 atau setara dengan Rp1,4 juta pada hari pertama ETH diperdagangkan, maka kamu akan memiliki 36,1 koin Ethereum. Saat ini, 1 Februari 2023, setiap koin ETH bernilai sekitar Rp23,6 juta.

Artinya, 36,1 koin ETH yang kamu miliki telah alami pertumbuhan fantastis hingga bernilai Rp851,9 juta dari modal investasi ETH sebesar Rp1,4 juta yang kamu simpan selama 7 tahun. Ethereum bahkan sempat mencapai harga tertinggi sepanjang masanya pada 2 November 2021 di angka Rp68,2 juta.

Dalam arti lain, modal investasi ETH senilai Rp1,4 juta yang kamu miliki telah alami pertumbuhan menjadi Rp2,4 miliar dalam waktu 6 tahun sejak awal ETH diperdagangkan hingga November 2021. Akankah Ethereum kembali ke harga tertinggi sepanjang masanya dalam waktu dekat?

Survei CoinShares baru-baru ini mengungkapkan bahwa 60% investor percaya bahwa ETH memiliki prospek pertumbuhan yang lebih menarik daripada BTC. Kok bisa? Simak informasi selengkapnya mengenai 60% Investor Percaya Bahwa ETH Memiliki Potensi Pertumbuhan yang Lebih Baik Daripada BTC di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: