Harga Ethereum Terbaru dan Dampak The Merge Bagi Investor

Harga Ethereum Terbaru dan Dampak The Merge Bagi Investor

Harga Ethereum sempat mengalami penurunan di akhir September 2022 ini. Dilansir dari laman Tradingview, Rabu (21/9/2022), harga koin Ether sempat mengalami penurunan hingga 5,6 persen dan diperdagangkan di sekitar harga US$1.342 pada pukul 09:42 pagi waktu Singapura.

Di sisi lain, Bitcoin juga mengalami penurunan harga sekitar 5 persen atau di bawah US$19.000. Sebelum mengalami penurunan, Ether mengalami lompatan harga sejak pertengahan Juni yang didorong oleh sentimen positif seputar berita peluncuran Ethereum 2.0 yang kemudian disusul penurunan harga dengan usai Ethereum Merge berlangsung.

Pengaruh Kebijakan The Federal Reserve System

Harga Ethereum
Sumber: Bloomberg TV Bulgaria

Penurunan harga Ethereum ini disinyalir terjadi sebagai salah satu dampak dari upaya para investor yang tengah bersiap menghadapi volatilitas dari kenaikan suku bunga besar yang diperkirakan akan terjadi pada minggu ini dari Federal Reserve System untuk melawan inflasi.

Meksipun demikian, Bill Xing, jurnalis crypto dari Cointelegraph, mengatakan bahwa pembaruan Ethereum yang disebut dengan the Merge memiliki manfaat pemangkasan penggunaan energi.

Pernyataan Bill Xing menekankan bagaimana sebenarnya the Merge mampu memberikan kemajuan yang besar bagi ekosistem Ethereum.

Baca Juga: Senator AS : Bitcoin Bisa Jadi Instrumen Investasi Dana Pensiun untuk Cegah Inflasi

Bagaimana Investor Sebaiknya Menanggapi Update Harga Ethereum Ini?

arti amount dalam akuntansi

Dampak inflasi makro bukan hanya terjadi di aset kripto tapi juga di berbagai aset lainnya seperti saham. Dalam menghadapi gejolak kondisi pasar aset, Warren Buffett, salah satu investor dunia ternama menerapkan prinsip “Be Fearful When Others Are Greedy and Greedy When Others Are Fearful” dalam investasi jangka panjang.

Arnold Kirimi, Bitcoin enthusiast dan jurnalis crypto dari Cointelegraph mengungkapkan, investor dapat belajar mengendalikan emosi sekaligus mendapatkan peluang keuntungan dari bear market dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Buy low, sell high
  2. Investor belajar untuk menguasai emosi mereka
  3. Disiplin dan konsisten dalam berinvestasi dan take profit
  4. Mengenal toleransi investasi pribadi
  5. Memiliki manajemen risiko dan manajemen keuangan yang baik
  6. Memanfaatkan fitur staking, mining, dollar cost averaging (DCA), crypto airdrops, dan masih banyak lagi

*Disclaimer: Data dan informasi yang disediakan di Pintu News hanya bertujuan untuk menambah pengetahuan pembaca. Pihak Pintu tidak bertanggung jawab atas kerugian langsung, tidak langsung atau konsekuensial dari aktivitas trading/investasi pembaca. Harap lakukan investasi dengan bijak.

Referensi:

Andrew R. Chow. Why Ethereum is Dropping After the Merge. Diakses tanggal: 20-09-22.

Arnold Kirimi. How to earn passive crypto income in a bear market?. Diakses tanggal: 20-09-22.

Faris Firdaus, Harga Bitcoin dan Ethereum Melorot Tertekan Aksi Jual, Cek Penyebabnya. Diakses tanggal: 20-09-22.

Bill Xing. Ethereum’s Merge will affect more than just its blockchain. Diakses tanggal: 21-09-22.