Staking Ethereum 2.0 Capai Puncak 60 Hari, Akankah Upgrade Dencun Mendongkrak Harga ETH?

author:

Staking Ethereum 2.0 Capai Puncak 60 Hari, Akankah Upgrade Dencun Mendongkrak Harga ETH?

Harga Ethereum (ETH) stabil di atas $2.300 pada tanggal 6 Februari 2024, sementara Bitcoin (BTC) dan pasar kripto lainnya mengalami kemunduran sebesar $37 miliar.

Tren data on-chain yang penting menyoroti bagaimana peningkatan arus masuk staking ETH 2.0 menjelang upgrade Dencun yang akan datang telah berkontribusi pada awal yang positif di bulan Februari meskipun ada tekanan bearish yang berlaku di seluruh pasar kripto.

Harga Ethereum Mengungguli Pasar di Bulan Februari

Sumber: Trading View

Harga Ethereum telah melawan tren pasar minggu ini, membuat keuntungan yang cukup besar dalam 5 hari pertama bulan Februari 2024, sementara Bitcoin (BTC) dan pasar kripto lainnya tersendat.

Baca juga: Vitalik Buterin Usulkan 5 Solusi untuk Mengurangi Ukuran Blok Maksimum Ethereum!

Antara tanggal 31 Januari dan 6 Februari 2024, harga ETH telah meningkat dari $2.241 menjadi $2.326 seperti yang digambarkan pada grafik di bawah ini. Sementara itu, total kapitalisasi pasar kripto telah menyusut 2%, kehilangan $37 miliar selama periode tersebut.

Secara efektif, ini menggambarkan bahwa harga Ethereum saat ini mengungguli tren pasar secara keseluruhan. Ketahanan Ethereum di tengah penurunan pasar yang lebih luas menunjukkan beberapa faktor mendasar yang berperan.

Rumor seputar ETH spot ETF terus beredar. Namun, peningkatan terbaru dalam koin yang disimpan di beacon chain ETH 2.0 tampaknya menjadi pendorong dominan dari kekuatan relatif Ethereum di bulan Februari 2024 sejauh ini.

Setoran Staking Melampaui $300 Juta Menjelang Upgrade Dencun

Staking Ethereum 2.0 telah menjadi faktor kunci dalam ekosistem Ethereum sejak upgrade Shappella menandai selesainya transisi Proof-of-Stake (PoS) pada bulan April 2023. Baru-baru ini, Vitalik Buterin mengusulkan serangkaian proposal peningkatan jaringan termasuk peningkatan batas gas.

Selain itu, upgrade Dencun yang sangat dinanti-nantikan, juga dikenal sebagai Cancun-Deneb, yang diharapkan akan selesai pada tanggal 7 Februari sebagian besar difokuskan untuk meningkatkan skalabilitas.

Serangkaian perkembangan jaringan yang positif ini tampaknya telah meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan dalam beberapa minggu terakhir. Metrik Staking Inflow Cryptoquant melacak jumlah koin yang disimpan dalam kontrak beacon chain ETH 2.0 setiap hari.

Grafik di atas ini menunjukkan bahwa 143.103 ETH (~$329 juta) arus masuk staking pada tanggal 31 Januari, dan 137.472 ETH pada tanggal 2 Februari adalah yang tertinggi yang tercatat sejak tanggal 3 Desember 2023.

Setoran staking sangat penting untuk keamanan dan fungsionalitas jaringan PoS apa pun. Namun, ketika ada peningkatan staking yang nyata selama penurunan pasar yang luas seperti yang diamati di atas, itu menunjukkan bahwa investor dalam ekosistem mata uang kripto tersebut mempertahankan pandangan jangka panjang yang positif.

Oleh karena itu, daripada bergabung dengan aksi jual pasar, pemegang Ethereum semakin mempertaruhkan untuk mengatasi koreksi pasar dengan memperoleh pendapatan pasif.

Baca juga: Ethereum Senilai $1 Miliar Pindah ke Cold Wallet, Harga ETH Siap Meroket Hingga $3.000?

Meskipun sementara, setoran staking secara efektif memadamkan tekanan jual karena mengurangi jumlah koin yang tersedia untuk diperdagangkan di bursa. Ini sebagian menjelaskan bagaimana harga ETH berhasil mengungguli pasar pada bulan Februari 2024 sejauh ini.

Waktunya juga menunjukkan bahwa para pemangku kepentingan yakin akan hasil positif dari upgrade Dencun yang akan datang.

Prakiraan Harga Ethereum: Target $2.500 dalam Fokus

Singkatnya, peningkatan staking dan sentimen positif seputar peningkatan jaringan yang akan datang telah menopang aksi harga ETH dalam beberapa minggu terakhir. Dengan faktor-faktor ini masih berlaku, Ethereum dapat melakukan upaya lain pada target harga $2.500 yang sulit dipahami dalam beberapa hari mendatang.

Sumber: IntoTheBlock

Namun, para bull menghadapi resistensi jangka pendek yang signifikan di area $2.350. Data global in/out of the money IntoTheBlock menunjukkan bahwa 1,34 juta pemegang saat ini telah memperoleh 4,68 juta ETH dengan harga rata-rata $2.358.

Setelah bertahan pada kerugian selama hampir sebulan, mereka mungkin tergoda untuk keluar begitu harga mendekati titik impas mereka. Tetapi jika para bull dapat meningkatkan resistensi itu, itu bisa membuka pintu untuk pengujian ulang $2.500 seperti yang diperkirakan.

Di sisi lain, para bear dapat meniadakan prediksi optimis ini dengan memaksa pembalikan di bawah area $2.000. Namun, seperti yang digambarkan di atas, para bull dapat memasang buy-wall dukungan yang tangguh di $2.040.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: