Harga Emas Meroket, The Fed Berencana Tahan Suku Bunga!

Harga Emas Meroket, The Fed Berencana Tahan Suku Bunga!

Harga emas melonjak hampir 10 poin pada hari Senin setelah diperdagangkan melemah minggu lalu karena ketegangan Laut Merah. Ketegangan geopolitik kini mulai mereda karena konflik berhasil diselesaikan tanpa eskalasi. Jika ketegangan di Laut Merah berlanjut minggu ini, hal itu dapat tercermin di pasar saham AS dengan implikasi yang bertahan lama

Namun, situasi sekarang mulai mereda dan harga emas bisa bersiap untuk lintasan naik. Selain itu, The Fed juga berencana untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah untuk keempat kalinya, menyebabkan harga emas naik. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Emas Bangkit Kembali

Grafik XAU/USD menunjukkan harga emas bergerak menuju angka $2.030 pada hari Senin. Itu adalah lonjakan mendekati 0,50% setelah seminggu mengalami penurunan tajam. Jika harga emas mempertahankan momentum, target berikutnya untuk logam mulia tersebut bisa jadi level $2.050.

harga emas bangkit lagi
Sumber: Investing

Namun, tidak ada jaminan bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga tidak berubah. CME FedWatch Tool melaporkan bahwa investor percaya The Fed akan mempertahankan suku bunga tidak berubah untuk keempat kalinya.

Fokus utama sekarang tetap pada keputusan The Fed mendatang tentang kenaikan suku bunga yang dapat memengaruhi harga emas. Selain itu, data pasar tenaga kerja dan IMP Manufaktur tetap menjadi sorotan yang dapat mengubah arah harga emas. Oleh karena itu, indeks XAU/USD dapat mengalami volatilitas tinggi minggu ini yang membuat emas tetap elastis.

Baca Juga: Kebangkitan Standar Emas: Langkah Bijak Bank Sentral Belanda Menghadapi Krisis Keuangan

Keputusan The Fed Jadi Kunci

Keputusan The Fed tentang suku bunga akan menjadi kunci pergerakan harga emas selanjutnya. Jika The Fed memutuskan untuk mempertahankan suku bunga, harga emas diperkirakan akan terus naik. Namun, jika The Fed memutuskan untuk menaikkan suku bunga, harga emas diperkirakan akan turun.

Selain keputusan The Fed, faktor lain yang dapat memengaruhi harga emas adalah data ekonomi AS. Jika data ekonomi AS menunjukkan peningkatan, harga emas diperkirakan akan turun. Sebaliknya, jika data ekonomi AS menunjukkan penurunan, harga emas diperkirakan akan naik.

Kesimpulan

Harga emas melonjak pada hari Senin setelah The Fed mengumumkan rencana untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah. Kenaikan harga emas ini didorong oleh ekspektasi bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga rendah dalam jangka waktu yang lama. Hal ini positif bagi emas karena suku bunga rendah membuat emas lebih menarik sebagai aset investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi