Harga Emas Dunia Hari Ini (28/2), Melawan Tren Penurunan Suku Bunga AS?

Harga Emas Dunia Hari Ini (28/2), Melawan Tren Penurunan Suku Bunga AS?

Di tengah prediksi penurunan suku bunga di Amerika Serikat, harga emas hari ini (28/2) menunjukkan kinerja yang mengesankan dengan menunjukkan kenaikan. Meskipun pasar keuangan global mengalami fluktuasi, emas berhasil mempertahankan posisinya sebagai aset yang stabil dan menarik bagi investor. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Dinamika Pasar dan Harga Emas

dinamika pasar harga emas
Sumber: Harga Emas

Jika dilihat dari grafik diatas berdasarkan harga-emas.org, harga emas hari ini (28/2) berada di angka Rp1.022.937/gram.

Harga emas tercatat mengalami kenaikan sebesar 0,2% menjadi $2.043,2 per troy ounce, mengurangi kerugian sejak awal tahun menjadi hanya 1,4%. Kenaikan ini terjadi meskipun ada peningkatan yield jangka pendek yang dipicu oleh penyesuaian ekspektasi pasar terhadap jumlah pemotongan suku bunga di AS pada tahun 2024.

Meskipun biaya pemeliharaan posisi emas yang tidak menghasilkan bunga meningkat dan pasar saat ini terfokus pada saham terkait AI dan crypto, permintaan fisik terhadap emas dan pelemahan dolar telah mendukung kinerja emas. Hal ini menunjukkan bahwa emas masih dianggap sebagai aset yang menarik di tengah ketidakpastian ekonomi.

Baca Juga: Terungkap! Rahasia di Balik Stabilitas Pasar Saham dan Prediksi Kejutan Suku Bunga

Faktor Pendukung Kenaikan Harga Emas

faktor pendukung kenaikan harga emas
Sumber: Goldhub

Selain emas, logam lain seperti aluminium dan tembaga juga mengalami kenaikan sebesar 0,4%, mencapai $2.191 per ton dan $8.485 per ton. Kenaikan ini menandakan bahwa logam berharga secara umum masih mendapat tempat di hati investor.

Harga emas yang diperdagangkan pada $2.035,53 per troy ounce menunjukkan kenaikan sebesar 0,14% dari hari sebelumnya dan turun 1,49% dari awal tahun. Fluktuasi harga ini mencerminkan dinamika pasar yang terus berubah dan menegaskan posisi emas sebagai aset yang resilien.

Baca Juga: CBDC: Ancaman Siber atau Mata Uang Masa Depan?

Prospek dan Strategi Investasi Emas

Investasi emas, baik dalam bentuk fisik maupun instrumen keuangan seperti ETF emas, menawarkan diversifikasi portofolio dan perlindungan terhadap inflasi. Meskipun harga spot emas memberikan gambaran umum tentang nilai emas, biaya aktual dan pengembalian yang diperoleh investor dapat berbeda tergantung pada medium pembelian dan detail investasi.

Penting bagi kamu untuk mempertimbangkan tujuan investasi, toleransi risiko, dan cakrawala waktu sebelum memutuskan untuk berinvestasi di emas. Emas telah terbukti sebagai aset yang dapat diandalkan dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi dan sebagai diversifikasi portofolio.

Harga emas yang terus berfluktuasi di pasar global menunjukkan bahwa emas masih menjadi aset yang relevan dan penting bagi investor. Meskipun menghadapi tantangan dari kondisi ekonomi dan pasar, emas berhasil mempertahankan nilainya dan menarik minat investor. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti diversifikasi portofolio, perlindungan terhadap inflasi, dan ketidakpastian ekonomi, emas tetap menjadi pilihan investasi yang menarik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: