Harga Emas Dunia Hari Ini (1/3/2024), Makin Menggiurkan di Tren Positifnya!

Harga Emas Dunia Hari Ini (1/3/2024), Makin Menggiurkan di Tren Positifnya!

Pada awal Maret 2024, pasar emas menunjukkan gejala positif dengan harga emas yang terus merangkak naik. Hal ini menarik perhatian investor dan pembeli emas di seluruh dunia, mengingat emas merupakan salah satu instrumen investasi yang paling stabil dan terpercaya. Mari kita ulas lebih dalam mengenai fenomena menarik ini!

Kenaikan Harga Emas di Pasar Global

kenaikan harga emas global
Sumber: Goldhub

Emas mengalami breakout dari pola konsolidasi simetris besar, yang merupakan sinyal bullish mingguan. Ini adalah pertama kalinya dalam beberapa bulan emas menunjukkan pemicu bullish seperti ini. Dengan adanya breakout ini, emas mencapai titik tertinggi dalam empat minggu terakhir. Jika tren ini terus berlanjut, kita dapat melihat emas mencapai target potensial sekitar $2.189.

Namun, sebelum mencapai puncak baru, emas harus melewati beberapa level resistensi yang telah ditetapkan sebelumnya. Level pertama adalah swing high sebelumnya pada $2.058, diikuti oleh swing high lebih tinggi pada Desember di $2.088. Jika emas mengalami penurunan jangka pendek, ia akan menemukan dukungan di atau di atas Moving Average 50 hari, yang saat ini berada pada $2.033.

Baca Juga: IHSG Hari Ini (1/3/2024) Bergejolak di Maret 2024, The Fed dan Ramadan Faktornya?

Dinamika Harga Emas di Indonesia

harga emas indonesia
Suber: Harga Emas

Di Indonesia, harga emas Logam Mulia Antam 24 karat juga mengalami peningkatan. Pada tanggal 1 Maret 2024, harga emas Antam naik Rp4.000 per gram, mencapai level Rp1.142.000 per gram. Untuk ukuran yang lebih kecil, harga emas 0,5 gram berada di angka Rp 621.000, sedangkan emas 10 gram dijual sebesar Rp10.915.000.

Dalam sepekan terakhir, harga emas Antam bergerak di rentang Rp1.118.000/gram hingga Rp1.133.000/gram. Sementara dalam sebulan terakhir, pergerakannya ada di rentang Rp1.115.000/gram hingga Rp1.151.000/gram. Ini menunjukkan tren positif yang konsisten dalam harga emas di pasar lokal.

Baca Juga: Bitcoin (BTC) Merah di Awal Bulan, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (1/3/24)?

Proyeksi Harga Emas Mendatang

Mengingat tren positif saat ini, investor dan pembeli emas mungkin bertanya-tanya tentang proyeksi harga emas di masa mendatang. Analisis teknikal menunjukkan bahwa jika emas terus mengikuti pola bullish saat ini, kita dapat mengharapkan lebih banyak kenaikan harga. Namun, penting untuk diingat bahwa pasar emas juga dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal seperti kondisi ekonomi global, inflasi, dan kebijakan moneter dari bank sentral utama dunia.

Kesimpulannya, harga emas yang terus meningkat baik di pasar global maupun lokal menawarkan peluang menarik bagi investor. Meskipun pasar emas dikenal dengan volatilitasnya, tren saat ini menunjukkan bahwa emas masih menjadi pilihan investasi yang menjanjikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: