Harga Emas Dunia Hari Ini Minggu (25/2/2024), Laporan PCE dan Data Ekonomi Jadi Faktor!

Harga Emas Dunia Hari Ini Minggu (25/2/2024), Laporan PCE dan Data Ekonomi Jadi Faktor!

Di tengah ketidakpastian ekonomi global dan fluktuasi pasar keuangan, harga emas kembali menjadi sorotan. Pekan ini, logam mulia ini mengalami kenaikan signifikan, dipicu oleh pelemahan dolar AS dan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Apakah ini pertanda emas kembali menjadi pelabuhan aman bagi investor?

Pelemahan Dolar dan Ketegangan Geopolitik

masa depan dolar as
Sumber: Reuters

Dolar AS mengalami pelemahan pertama kali di tahun 2024, setelah rally selama dua bulan. Pelemahan ini terjadi karena investor menyesuaikan ekspektasi mereka terhadap kebijakan suku bunga Federal Reserve, dengan prediksi pemotongan suku bunga dimulai pada Juni, bukan Mei, dan jumlah pemotongan lebih sedikit dari yang diperkirakan sebelumnya.

Selain itu, ketegangan geopolitik di Timur Tengah, terutama serangan yang diklaim oleh Houthi Yaman terhadap kapal kargo milik Inggris dan serangan terhadap kota pelabuhan dan resor Eilat Israel, juga meningkatkan permintaan terhadap emas sebagai aset safe haven.

Baca Juga: 5 Meme Token yang Berpotensi Bull Run di Maret 2024

Laporan PCE dan Data Ekonomi

Pasar emas minggu depan kemungkinan akan dipengaruhi oleh laporan ekonomi penting, terutama data Personal Consumption Expenditures (PCE). Laporan ini dapat memberikan wawasan kritis tentang tren inflasi dan pengeluaran konsumen, yang berpotensi membentuk keputusan kebijakan Fed.

Selain itu, strategi Federal Reserve terkait keputusan suku bunga akan tetap menjadi fokus utama. Dengan pejabat Fed yang memproyeksikan tiga pemotongan suku bunga sebesar 25 basis poin tahun ini, dan ekspektasi pasar yang menyesuaikan, data ekonomi baru, terutama data pekerjaan Februari yang akan dirilis pada 8 Maret, akan diawasi ketat untuk tanda-tanda perlambatan ekonomi.

Baca Juga: Revolut Luncurkan Bursa Crypto Eksklusif untuk Trader Profesional

Harga Emas Dunia, Performa Dolar dan Indikator Ekonomi Global

harga emas dunia
Sumber: Metals Daily

Tabel diatas menunjukkan harga emas dunia harian per hari ini 25 Februari 2024 menurut Metals Daily. Performa dolar AS akan terus menjadi faktor kunci, dengan prediksi mulai melemah pada kuartal kedua, dengan asumsi Fed melanjutkan pemotongan suku bunga mulai Juni. Iklim ekonomi global, bersama dengan indikator ekonomi domestik, akan memainkan peran penting dalam membentuk persepsi pasar dan permintaan terhadap emas.

Kesimpulan

Dengan berbagai faktor yang mempengaruhi pasar emas, dari kondisi ekonomi global hingga kebijakan suku bunga Federal Reserve, investor harus tetap waspada dan mempertimbangkan berbagai aspek sebelum membuat keputusan investasi. Apakah emas akan terus menjadi aset safe haven yang diandalkan, atau apakah kita akan melihat perubahan dalam dinamika pasar?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: