Harga dYdX Naik 28% dalam Waktu 24 Jam, Apa Faktor Dibaliknya?

author:

Harga dYdX Naik 28% dalam Waktu 24 Jam, Apa Faktor Dibaliknya?

Mengutip laporan CoinPedia, pasar mata uang crypto tengah mengalami koreksi yang signifikan setelah 24 jam penuh gejolak yang menyebabkan likuidasi sebesar $200 juta di seluruh jaringan.

Di antara banyaknya aset crypto yang mengalami koreksi harga, per 15 November 2023, harga dYdX terlihat melonjak cukup signifikan. Kira-kira, apa faktor dibalik naiknya hari DYDX hari ini? Simak selengkapnya, yuk!

Harga DYDX Naik 28,73% dalam Waktu 24 Jam

Sumber: Pintu Market

Per 15 November 2023, laman Pintu market mencatat kenaikan harga DYDX sebesar 28,73% dalam waktu 24 jam. DYDX sempat menyentuh harga terendahnya Rp48.364 sebelum akhirnya melonjak ke harga tertinggi Rp62.842.

Baca juga: Terungkap! dYdX Luncurkan Kode Sumber Terbuka untuk Blockchain Barunya

Meskipun belum diketahui secara pasti alasan dibalik naiknya harga DYDX hari ini, namun terdapat beberapa faktor yang mendorong naiknya harga DYDX.

Perdagangan dYdX Chain Mulai Beroperasi

Naiknya harga DYDX hari ini datang setelah adanya berita bahwa Layer-1 dYdX Chain berbasis Cosmos ini telah memasuki tahap mainnet beta, memungkinkan perdagangan aktif untuk ditayangkan pertama kalinya setelah pemungutan suara tata kelola.

Bertransisi dari tahap alfa, peluncuran beta dYdX Chain dilakukan pada pukul 8:45 pagi EST pada hari Senin, menurut posting blog oleh subDAO Operasi dYdX, yang memimpin infrastruktur terdesentralisasi untuk dYdX Chain.

Peluncuran ini mengikuti hasil pemungutan suara komunitas untuk mengubah perdagangan di semua pasar dari post-only menjadi aktif, yang mengumpulkan lebih dari 99% dukungan.

Dengan peluncuran ini, pengguna dapat melakukan perdagangan di lebih dari 33 pasar melalui platform dydx.trade, yang menawarkan leverage hingga 20x. Tidak ada hadiah perdagangan yang akan didistribusikan selama tahap ini, tetapi validator dan staker akan mendapatkan biaya perdagangan, menurut postingan tersebut.

“Tahap beta berfungsi sebagai tahap pengujian kritis untuk lingkungan perdagangan aktif,” tulis subDAO.

Menurut laporan, setelah protokol dYdX Chain stabil dengan bug atau masalah minimal, perkembangan dari perdagangan aktif ke perdagangan penuh, termasuk hadiah, akan ditentukan oleh pemungutan suara tata kelola lainnya.

Baca juga: Prediksi Harga dYdX 2023: Melonjak 168% Dalam 1 Bulan, dYdX Berpotensi Bullish?

Peningkatan Transaksi dan Aktivitas Whale

Tidak hanya itu, menjelang acara pembukaan token dYdX yang dijadwalkan pada tanggal 21 November 2023, Investing melaporkan bahwa telah terjadi peningkatan yang mencolok dalam transaksi besar dan aktivitas whale.

Beberapa waktu lalu, data on-chain yang disediakan oleh Santiment menunjukkan bahwa jumlah alamat aktif yang memegang token dYdX beserta volume perdagangan secara keseluruhan telah meningkat. Kedua hal ini diyakini berkontribusi pada kenaikan harga jangka pendek DYDX.

Menurut laporan Investing, peningkatan aktivitas tersebut terjadi pada saat yang kritis tepat sebelum sejumlah besar token tersedia untuk diperdagangkan. Namun demikian, acara pembukaan kunci yang akan datang juga meningkatkan kekhawatiran tentang potensi tekanan jual.

Berdasarkan Token.unlocks.app, token dYdX senilai sekitar $6,69 juta akan beredar selama acara tersebut, yang dapat menyebabkan koreksi harga karena pasokan pasar meningkat, mengutip laporan Investing (13/11/23).

Pada akhirnya, kenaikan harga DYDX hari ini diyakini didorong oleh beberapa faktor termasuk tahap mainnet beta dYdX Chain yang telah ditayangkan dan juga adanya peningkatan besar dalam transaksi dan aktivitas whale menjelang acara pembukaan token dYdX.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: