Sempat Dicap Gagal, Harga Dasar & Kapitalisasi Pasar NFT Mobil Mewah Porsche Naik 26%

author:

Sempat Dicap Gagal, Harga Dasar & Kapitalisasi Pasar NFT Mobil Mewah Porsche Naik 26%

Adanya kabar peluncuran NFT dari brand mobil mewah Porsche sudah terdengar sejak Desember 2022 lalu. Diluncurkan resmi pada 23 Januari 2023, koleksi NFT Porsche 911 ternyata tidak terlalu disambut baik oleh komunitas karena beberapa hal. Setelah beberapa minggu berlalu, bagimana kabar NFT Porsche 911 saat ini?

NFT Porsche Mendapat Kritik Pedas

Pada 25 Januari 2023, tepat 2 hari setelah peluncurannya, produsen mobil Porsche harus menghentikan pencetakan token non-fungible (NFT) model mobil 911 putihnya yang terkenal, dengan alasan “para pemegang telah angkat berbicara.” yang dibagikan lewat sebuat cuitan di Twitter.

Sumber: Twitter

Dilansir dari Cointelegraph (25/1/23), menurut beberapa orang, peluncuran NFT Porsche dicap sebagai kegagalan besar karena hanya menjual 2.040 dari 7.500 NFT yang tersedia pada saat itu.

Diluncurkan dengan harga dasar 0,911 ETH setara dengan $1490 atau Rp22,6 juta, mint NFT Porsche 911 dikritik oleh komunitas crypto karena dianggap terlalu mahal untuk “usaha yang rendah” dan “tidak peka” karena mematok harga tinggi ketika pasar crypto sedang berada di masa pemulihan akibat crypto winter di tahun 2022.

Karena sekitar 80% dari inventaris masih belum terjual, koleksi NFT tersebut akhirnya diperdagangkan sekitar 0,85 ETH atau $1,450, lebih rendah dari harga mint di pasar terbuka pada saat itu.

Baca juga: Next Level! 16 Koleksi NFT Ini Siap Dipamerkan di Museum Seni Modern Bergengsi di Prancis

Harga Dasar & Kapitalisasi Pasar NFT Porsche Melonjak 26%

Meski dicap gagal beberapa hari setelah peluncurannya, kini Bein Crypto (13/2/23), melaporkan bahwa harga dasar NFT Porsche telah meraung kembali dan saat ini berada di sekitar 2,5 ETH, sekitar 280% lebih tinggi dari harga mint.

Menurut data dari CoinGecko, harga dasar dan kapitalisasi pasar Porsche 911 naik 26% pada hari Senin (13/2/23). Kapitalisasi pasar dari koleksi tersebut tercatat mencapai 6.096,54 ETH, atau sekitar lebih dari $9 juta.

Sumber: CoinGecko

Menurut laporan Bein Crypto, dalam upaya untuk menghidupkan kembali proyek NFT Porsche, tim sempat menghentikan pencetakan pada 25 Januari 2023. Saat itu, mereka membatasi pasokan menjadi 2.363 dari 7.500. Selain itu, mereka mengumumkan lebih banyak utilitas seperti airdrop, kemampuan untuk membentuk masa depan Porsche Web3, dan fase penyesuaian dengan lebih dari 150.000 kemungkinan untuk desain khusus.

Fase pertama dari lima fase kustomisasi dimulai pada hari Selasa (14/2/23) ini, akibatnya permintaan untuk koleksi NFT Porsche melonjak mendekati hari tahapan pertama, di mana pengguna dapat memilih antara kinerja, warisan, atau gaya hidup.

Bukan hanya Porsche, beberapa brand mewah di dunia juga mulai merambah ke dunia NFT, seperti merek jam mewah dari Swiss, Hublot, merek perlengkapan olahraga, Nike, hingga perusahaan mobil mewah Inggris, Rolls Royce.

Meskipun ikut terkena dampak crypto winter di tahun 2022, pasar NFT baru-baru dikabarkan pulih dengan melonjaknya penjualan hingga 52%. Baca selengkapnya di NFT Makin Bullish! Penjualan NFT Melonjak Setelah Tahun Baru!


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: