Baru Lahir, Harga Bitcoin Tahun 2009 Cuma Senilai Rp1.200!

Baru Lahir, Harga Bitcoin Tahun 2009 Cuma Senilai Rp1.200!

Dilansir dari Pelicoin, tidak sedikit orang yang bertanya-tanya “berapa nilai Bitcoin pada tahun 2009,” tahun dimana mata uang crypto yang populer ini didirikan. Harga Bitcoin pertama kali adalah bernilai kurang dari satu sen (USD) di tahun 2009.

Meskipun saat ini Bitcoin bernilai di sekitar $23.000 per koin, Bitcoin awalnya tidak dijual dengan nilai setinggi itu. Kira-kira berapa tepatnya harga Bitcoin pada tahun 2009? dan bagaimana cryptocurrency nomor 1 di dunia ini diciptakan? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Asal Usul Bitcoin di Tahun 2009, Mengapa Bitcoin Diciptakan?

Asal Usul Bitcoin di Tahun 2009
Sumber: Peakpx

Dilansir dari Next Advisor, penemuan mata uang Bitcoin (BTC) terjadi bersamaan dengan penemuan Bitcoin sebagai blockchain, dan merupakan yang pertama dalam sejarah.

“Unit nilai (BTC) tidak akan mungkin ada tanpa teknologi blockchain, tetapi tidak akan pernah ada blockchain Bitcoin tanpa mata uangnya,” kata Robert Konsdorf, CEO Facings, sebuah perusahaan berbasis di Michigan yang menciptakan alat penerbitan blockchain yang mudah digunakan.

Dikutip dari Pelicoin, pada tahun 2009, Bitcoin diciptakan oleh seseorang atau kelompok yang tidak dikenal yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Penciptaan cryptocurrency ini merupakan respons terhadap krisis ekonomi global 2008, ketika ketidakstabilan mata uang tradisional dan perbankan menciptakan kebutuhan baru akan aset dan investasi alternatif yang tidak didukung oleh pemerintah pusat atau organisasi perbankan.

Bitcoin diciptakan sebagai solusi investasi dan perbankan alternatif setelah krisis keuangan ini. Pencipta mata uang digital ini berusaha untuk membuat mata uang yang tidak diregulasi yang akan memungkinkan pengguna untuk memiliki akses langsung ke aset dan transaksi moneter mereka tanpa intervensi pihak ketiga.

Hal ini dimaksudkan untuk membuat proses pembelian, penjualan, dan kepemilikan aset Bitcoin jauh lebih transparan dan mudah diakses dibandingkan dengan mata uang fiat tradisional, yang mengharuskan bank dan pihak ketiga lainnya untuk berpartisipasi dalam proses ini.

Baca Juga: Sakti, Harga Bitcoin Tahun 2013 Melambung 6.600% Hanya Dalam 1 Tahun!

Berapa Nilai Bitcoin pada tahun 2009?

Berapa Nilai Bitcoin pada tahun 2009?
Patung Satoshi Nakamoto di Budapest Hungaria. Sumber: Forbes

Dilansir dari SoFi Learn, pada tanggal 31 Oktober 2008, seseorang atau kelompok dengan nama samaran yang dikenal sebagai Satoshi Nakamoto menerbitkan buku putih Bitcoin. Buku ini memperkenalkan sistem uang digital peer-to-peer berdasarkan bentuk baru teknologi buku besar terdistribusi yang disebut blockchain.

Harga Bitcoin tahun 2009 adalah senilai kurang dari satu sen per unit, dan pada bulan Juli 2010, harga Bitcoin mencapai $0,08 yang setara dengan Rp1.214 (kurs $1 = Rp15.180) per unit.

Dikutip dari Pelicoin, nilai Bitcoin berasal dari kelangkaan pasokannya karena semakin banyak unit yang ditambang dari batas 21 juta unit, maka total pasokan Bitcoin yang tersedia akan berkurang, sehingga setiap unit yang tersedia akan semakin berharga karena semakin banyak yang ditambang dari pasokan yang terbatas ini.

Oleh karena itu, ketika Bitcoin pertama kali diluncurkan pada bulan Januari 2009, belum ada unit yang ditambang.

Referensi: