Bitcoin: Menuju $100.000 atau Koreksi?

Bitcoin: Menuju $100.000 atau Koreksi?

Harga Bitcoin (BTC) telah mengalami perjalanan yang luar biasa dalam beberapa bulan terakhir. Setelah meroket dari $42.000 pada Januari menjadi $72.000 pada 12 Maret, BTC berhasil mencetak rekor tertinggi baru sepanjang masa (ATH).

Kenaikan ini terjadi setelah SEC AS menyetujui 11 spot Bitcoin exchange-traded funds (ETF) pada Januari, yang membantu mengkonsolidasikan posisi BTC sebagai kelas aset global. Namun, di tengah kondisi ekonomi makro yang tidak pasti dan volatil, muncul pertanyaan apakah Bitcoin akan terus melaju atau mengalami koreksi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan harga Bitcoin, termasuk halving Bitcoin yang akan datang dan potensi dampaknya terhadap pasar.

Harga Bitcoin: Naik atau Turun?

Pergerakan harga Bitcoin dalam beberapa bulan terakhir dipengaruhi oleh beberapa faktor utama. Pertama, persetujuan SEC AS terhadap 11 spot Bitcoin ETF telah memberikan dorongan signifikan bagi pasar crypto. ETF ini memungkinkan investor institusional dan ritel untuk mendapatkan eksposur ke Bitcoin tanpa harus membeli dan menyimpan aset secara langsung.

Baca Juga: 3 Crypto Terjangkau yang Layak Dibeli di April 2024: DOGE, TRON, SHIB

Hal ini telah meningkatkan permintaan Bitcoin dan berkontribusi pada kenaikan harganya. Faktor kedua yang mempengaruhi harga Bitcoin adalah halving Bitcoin yang akan datang. Halving adalah mekanisme deflasi yang mengurangi pasokan Bitcoin setiap empat tahun.

Halving berikutnya diperkirakan akan terjadi pada pertengahan April 2024. Secara historis, halving telah diikuti oleh kenaikan harga Bitcoin karena pasokan yang berkurang membuat aset menjadi lebih langka dan berharga.

Halving Bitcoin: Peluang atau Risiko?

halving bitcoin
Sumber: Currency

Halving Bitcoin merupakan peristiwa penting yang dapat berdampak signifikan terhadap pasar BTC. Di satu sisi, halving dapat mendorong kenaikan harga Bitcoin karena pasokan yang berkurang.

Di sisi lain, halving juga dapat menimbulkan risiko bagi penambang Bitcoin karena hadiah blok yang mereka terima akan berkurang setengahnya. Namun, kenaikan harga Bitcoin setelah halving biasanya mengimbangi penurunan hadiah blok, sehingga penambang tetap termotivasi untuk menambang Bitcoin.

Prediksi Harga Bitcoin

Para analis dan investor memiliki pandangan yang beragam mengenai prospek harga Bitcoin setelah halving. Beberapa analis memperkirakan bahwa Bitcoin dapat mencapai $100.000 sebelum halving, sementara yang lain memperkirakan bahwa Bitcoin akan mengalami koreksi terlebih dahulu sebelum melanjutkan kenaikannya.

Namun, terlepas dari perbedaan pendapat, halving Bitcoin tetap menjadi peristiwa penting yang akan mempengaruhi pasar BTC dalam jangka panjang.

Kesimpulan

Harga Bitcoin telah mengalami perjalanan yang luar biasa dalam beberapa bulan terakhir, didorong oleh faktor-faktor seperti persetujuan SEC AS terhadap spot Bitcoin ETF dan halving Bitcoin yang akan datang.

Meskipun kondisi ekonomi makro yang tidak pasti dapat mempengaruhi pergerakan harga Bitcoin, halving tetap menjadi peristiwa penting yang dapat berdampak signifikan terhadap pasar BTC dalam jangka panjang.

Baca Juga: BTC Siap Meroket: Analisis Pasar Mengungkapkan Potensi Kenaikan Harga yang Signifikan!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi