Bitcoin Menembus $67.000, Akankah Capai ATH Baru?

Bitcoin Menembus $67.000, Akankah Capai ATH Baru?

Harga Bitcoin terus melaju kencang mendekati rekor tertinggi sepanjang masa, meskipun terjadi peningkatan arus keluar dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC).

Harga Bitcoin Mendekati $67.000

Harga Bitcoin Mendekati $67.000
Coinglass

Pada tanggal 4 Maret 2022, harga Bitcoin (BTC) berhasil mencapai $66.483 di Bitstamp, melanjutkan kenaikan yang kuat sejak penutupan mingguan sebelumnya. Pasar crypto bergerak cepat setelah penutupan mingguan dan naik 5% pada hari itu. Dengan rekor tertinggi sepanjang masa kurang dari $3.000, pengamat pasar memperkirakan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Venturefounder, seorang kontributor perusahaan analitik on-chain CryptoQuant, menyarankan bahwa Bitcoin mungkin mengulangi peristiwa seminggu sebelumnya ketika kenaikan cepat menghasilkan volatilitas setelah bursa crypto terbesar di Amerika Serikat, Coinbase, mengalami crash.

Baca Juga: Koin Meme Bertema Hewan Melonjak, Mana yang Paling Unggul?

Ia memperkirakan bahwa Bitcoin akan mengalami kenaikan tajam yang diikuti oleh aksi beli ETF, gangguan pada Coinbase, dan penurunan harga secara tiba-tiba dalam satu hari yang sama seperti yang terjadi pada hari Senin sebelumnya.

Di sisi lain, Keith Alan, salah satu pendiri perusahaan riset Material Indicators, mempertahankan nada yang lebih hati-hati, dengan mempertimbangkan di mana Bitcoin dapat terkoreksi. Ia melihat adanya pola Cup & Handle klasik yang terbentuk pada grafik makro dari ATH, tetapi mengakui bahwa pasar mungkin mengabaikan tekanan psikologis dan terus melampaui rekor tertinggi $69.000.

GBTC Mencatat Arus Keluar Besar-besaran

aliran dana gbtc
Sumber: Cryptoslate

Yang menjadi perhatian pada hari itu adalah kenaikan harga BTC yang terus berlanjut meskipun terjadi peningkatan arus keluar dari GBTC. Setelah menurun tajam pada paruh kedua Februari, arus keluar GBTC berbalik arah pada bulan Maret, dengan jumlah pada tanggal 4 Maret melampaui setengah miliar dolar.

Daan Crypto Trades, seorang trader populer, berkomentar di Twitter bahwa arus keluar dari Grayscale kembali meningkat di atas $60.000. GBTC tetap menjadi kendaraan investasi Bitcoin terbesar berdasarkan kepemilikan BTC, meskipun jumlahnya terus menurun setiap hari sejak pertengahan Januari. Kepemilikannya pada tanggal 4 Maret, menurut data dari CoinGlass, mencapai 428.540 BTC ($28,9 miliar).

Akankah Bitcoin Capai ATH Baru?

Dengan harga Bitcoin yang terus mendekati rekor tertinggi sepanjang masa, para analis dan trader memperkirakan apa yang akan terjadi selanjutnya. Beberapa percaya bahwa Bitcoin akan mengikuti pola sebelumnya dan mengalami kenaikan tajam setelah menembus ATH, sementara yang lain lebih berhati-hati dan memperkirakan adanya koreksi sebelum melanjutkan kenaikan.

Pergerakan harga Bitcoin dalam beberapa hari ke depan akan menjadi kunci untuk menentukan arah pasar selanjutnya. Jika Bitcoin berhasil menembus rekor tertinggi sebelumnya, maka kemungkinan besar akan melanjutkan kenaikannya. Namun, jika gagal, maka koreksi mungkin terjadi sebelum Bitcoin dapat mencapai ATH baru.

Baca Juga: Bitcoin Sentuh Rekor Tertinggi Baru, Tapi Langsung Anjlok 8%! Apa Faktor Utamanya?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi