Kemenangan Grayscale Buka Jalan untuk ETF Bitcoin: Harga Bitcoin Sentuh Rp426 Juta!

Kemenangan Grayscale Buka Jalan untuk ETF Bitcoin: Harga Bitcoin Sentuh Rp426 Juta!

Harga Bitcoin mencapai puncak dua minggu pada 29 Agustus 2023, naik hingga $28.000 taau Rp426 juta (kurs $1 = Rp15.200), setelah Grayscale Investments memenangkan gugatan hukum melawan Komisi Sekuritas dan Bursa Efek Amerika Serikat (SEC). Keputusan ini membuka jalan bagi peluncuran ETF Bitcoin pertama di AS, dan berdampak signifikan pada harga Bitcoin dan aset crypto lainnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Dampak Langsung pada Harga Bitcoin

analisa btc michael van de poppe
Sumber: Akun Twitter Michael van de Poppe

Data dari Cointelegraph Markets Pro dan TradingView menunjukkan reaksi harga Bitcoin yang instan terhadap kejadian ini, dengan BTC/USD naik $1.700 dalam waktu sekitar 30 menit.

“Meskipun kita belum melihat sentimen yang cukup untuk menguji kembali level $30.000, keputusan ini bisa menjadi katalis untuk itu,” kata Michaël van de Poppe, pendiri dan CEO perusahaan trading Eight, dikutip dari Cointelegraph, Rabu (30/8/2023).

“Ini mungkin terdengar aneh, tetapi kita bisa berada di ambang awal siklus bullish dengan berita ini,” dia meringkas kepada pengikut X sebagai bagian dari komentar di bagian belakang pembaruan video khusus.

Harga saham Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) juga naik lebih dari 17% pada saat penulisan, mencapai $20,60. Ini menunjukkan bahwa keputusan ini tidak hanya mempengaruhi harga Bitcoin tetapi juga aset terkait lainnya di pasar.

Baca Juga: Kemenangan Grayscale Atas SEC: Awal Baru untuk ETF Bitcoin?

Implikasi untuk ETF Bitcoin di AS

Keputusan ini membuka jalan bagi peluncuran ETF Bitcoin pertama di AS. “Ini adalah langkah monumental ke depan untuk investor, ekosistem Bitcoin, dan mereka yang telah menganjurkan eksposur Bitcoin melalui perlindungan tambahan dari ETF,” kata juru bicara Grayscale.

Tim Bevan, CEO di ETC Group, penyedia produk exchange-traded crypto, menambahkan, “Kami tidak percaya SEC akan bertindak sebagai pembuat raja dan hasil yang paling mungkin adalah persetujuan blok dari aplikasi yang memenuhi persyaratan, mungkin pada Kuartal 1 2024.”

Baca Juga: Grayscale Desak SEC untuk Menyetujui Semua ETF Bitcoin Spot Sekaligus

Apa yang Diharapkan Investor?

Dengan keputusan ini, investor kini memiliki alasan lebih untuk optimis tentang masa depan Bitcoin dan aset kripto lainnya. “Kami mengharapkan permintaan yang tertahan di AS akan berdampak positif pada harga Bitcoin dan membantu pengakuan global crypto sebagai kelas aset baru,” kata Tim Bevan.

Kedua belah pihak memiliki 45 hari untuk mengajukan banding terhadap keputusan ini, yang bisa mengarah ke Mahkamah Agung AS atau tinjauan panel en banc.

Kemenangan Grayscale atas SEC telah membawa angin segar ke pasar crypto, mendorong harga Bitcoin dan aset terkait lainnya. Meskipun masih ada kemungkinan banding, keputusan ini memberikan harapan baru bagi investor dan industri crypto secara keseluruhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: