Harga Bitcoin Sentuh Rp548 Juta dan Melonjak 23% dalam 1 Minggu, Apa Faktor Dibalik Kenaikan BTC?

author:

Harga Bitcoin Sentuh Rp548 Juta dan Melonjak 23% dalam 1 Minggu, Apa Faktor Dibalik Kenaikan BTC?

Per 24 Oktober 2023, harga Bitcoin kembali mencapai puncaknya, menembus angka $35,000 untuk pertama kalinya sejak Mei 2022. Dengan optimisme yang meningkat mengenai persetujuan ETF Bitcoin di AS, pasar crypto menunjukkan momentum bullish yang kuat. Mari kita telusuri apa yang mendorong lonjakan harga ini!

Harga Bitcoin (BTC) Naik 23,14% dalam Waktu 1 Minggu

Sumber: Pintu Market

Pada 24 Oktober 2023, harga BTC tercatat mengalami kenaikan 23,14% dalam waktu 1 minggu atau tujuh hari. BTC sempat menyentuh harga terendahnya di Rp442.014.216 dan harga tertingginya di Rp548.982.922.

Baca juga: Menguat! Hampir Semua Saham Penambangan Tercatat Telah Melampaui Bitcoin Tahun Ini

Sementara itu, CoinMarketCap mencatat bahwa kapitalisasi pasar Bitcoin berada di angka $662 miliar, mengalami kenaikan 10,83%. Sementara itu, volume perdagangannya juga terlihat naik 21,90%, menyentuh $47 miliar dalam waktu 24 jam terakhir.

Lalu, apa faktor dibalik naiknya harga Bitcoin (BTC) ini?

Optimisme ETF Mendorong Harga Bitcoin

Per 24 Oktober 2023, harga Bitcoin melonjak lebih dari 10% dalam 24 jam terakhir, mencapai Rp554 juta. Meskipun telah sedikit menurun dari puncaknya, kenaikan ini tetap mengesankan.

Harapan akan persetujuan ETF Bitcoin di AS semakin kuat, terutama setelah keputusan pengadilan baru-baru ini yang mendukung Grayscale. Hal ini meningkatkan peluang bahwa produk trust Bitcoin terbesar mereka, GBTC, dapat dikonversi menjadi ETF.

Selain itu, aplikasi BlackRock untuk meluncurkan ETF Bitcoin menunjukkan perkembangan positif, meningkatkan keyakinan investor bahwa persetujuan ETF semakin dekat.

Pasar Saham dan Dampaknya pada Bitcoin

Meskipun pasar saham AS sempat mengalami kerugian di awal pekan, mereka berhasil pulih dan menunjukkan hasil yang bercampur. Sementara itu, yield Treasury 10-tahun mengalami penurunan tajam setelah sebelumnya mencapai 5% untuk pertama kalinya dalam 16 tahun.

Alex Thorn dari Galaxy menyatakan bahwa tren naik dapat dipercepat lebih lanjut karena kebutuhan dealer opsi untuk membeli Bitcoin di pasar spot untuk lindung nilai posisi mereka di atas level harga $30,000.

Dengan berbagai faktor yang mempengaruhi pasar, harga Bitcoin terus menunjukkan ketahanannya. Meskipun ada beberapa ketidakpastian, optimisme mengenai persetujuan ETF dan dukungan dari pemain besar di industri keuangan menunjukkan bahwa masa depan Bitcoin tetap cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: