Harga Bitcoin di Halving Berikutnya Tahun 2028: Akankah Tembus $200.000?

Harga Bitcoin di Halving Berikutnya Tahun 2028: Akankah Tembus $200.000?

Jakarta, Pintu News – Peristiwa halving Bitcoin (BTC) pada hari Sabtu lalu telah resmi memangkas hadiah yang dibayarkan kepada para penambang dari 6,25 Bitcoin per blok menjadi 3,125 BTC. Kini, para ahli mulai mengalihkan perhatian mereka untuk memprediksi ke mana arah harga Bitcoin pada saat halving berikutnya di tahun 2028.

Dampak Halving terhadap Harga Bitcoin

Meskipun secara teknis para penambang menerima bayaran lebih sedikit atas upaya mereka dalam mengamankan jaringan, banyak analis menganggap peristiwa halving sebagai pertanda kenaikan harga Bitcoin yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh “kejutan pasokan” dari BTC baru yang beredar di pasar dari para penambang yang berkurang secara signifikan.

Baca Juga: Bitcoin Halving: Dampaknya pada Harga dan Penambangan

Pav Hundal, analis utama Swyftx, memperkirakan kenaikan harga setidaknya 100% pada saat halving tahun 2028, yang akan menempatkan harga Bitcoin di sekitar $120.000. Henrik Andersson, kepala investasi di perusahaan investasi crypto Australia Apollo Crypto, memprediksi harga puncak sekitar $200.000 untuk Bitcoin sebelum tahun 2028, didorong oleh penerimaan Bitcoin yang lebih luas dari sudut pandang institusional.

Caroline Bowler, CEO BTC Markets, mengacu pada prediksi eksternal dari perusahaan perbankan investasi seperti Standard Chartered, yang mengatakan harga Bitcoin dapat mencapai $200.000 pada akhir tahun 2025. Jonathon Miller, Direktur Pelaksana Kraken Australia, melihat peristiwa halving sebagai “pengingat akan kemajuan yang dibuat menuju adopsi global.”

Tantangan bagi Penambang Bitcoin

Namun, tetap ada kekhawatiran bahwa hadiah penambangan Bitcoin dapat berkurang ke tingkat yang membuat penambangan Bitcoin tidak menguntungkan dalam jangka panjang, terutama jika harga Bitcoin turun di bawah $40.000.

Oleh karena itu, sumber pendapatan alternatif untuk perusahaan penambangan di luar hadiah penambangan murni yang didenominasi BTC sedang dieksplorasi, seperti aplikasi penghasil biaya seperti protokol Runes dan jaringan layer-2 seperti Stacks. Bowler tidak terpengaruh oleh gagasan bahwa penambangan bisa menjadi “terlalu mahal,” mengingat kekhawatiran saat ini seputar penambangan dan efisiensi energi sebagai “hiperbola.”

Prediksi Harga Bitcoin Pasca Halving

michael saylor jual saham
Sumber: Coingape

Para pendukung Bitcoin berharap halving akan menjadi katalis positif untuk pasar bull terbaru karena semakin mengurangi pasokan token baru pada saat permintaan terhadapnya telah meningkat dari dana yang diperdagangkan di bursa ETF Bitcoin baru yang secara langsung memegang aset digital tersebut.

Pendukung mata uang crypto asli seperti Ketua MicroStrategy Inc. Michael Saylor telah menggembar-gemborkan Bitcoin sebagai penyimpan nilai yang lebih baik daripada mata uang fiat tradisional, yang menurut mereka lebih rentan terhadap inflasi.

Namun, meskipun Bitcoin telah reli ke rekor tertinggi setelah halving sebelumnya, pengamat pasar termasuk analis dari JPMorgan Chase & Co. dan Deutsche Bank AG telah memperkirakan bahwa peristiwa tersebut sebagian besar telah diperhitungkan dalam harga pasar.

Penutup

Dampak utama dari halving diperkirakan akan terjadi pada perusahaan penambangan Bitcoin daripada harga sebenarnya dari mata uang crypto tersebut. Pembaruan blockchain ini diperkirakan akan menghapuskan pendapatan tahunan miliaran dolar bagi para penambang, meskipun efeknya akan berkurang jika harga mata uang crypto tersebut terus meningkat.

Halving berikutnya dijadwalkan akan terjadi pada tahun 2028 dan hadiahnya akan dikurangi menjadi 1,5625 dari 3,125 untuk penambang yang berhasil memproses satu blok data transaksi.

Baca Juga: Bitcoin Halving 2024: Siap-siap Hadapi Siklus Bullish Terbesar!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi