Harga 1 Bitcoin di Argentina Capai Rekor Tertingginya, Inflasi Penyebabnya?

Harga 1 Bitcoin di Argentina Capai Rekor Tertingginya, Inflasi Penyebabnya?

Beberapa waktu lalu, harga Bitcoin (BTC) telah mencapai rekor tertinggi dalam mata uang Peso Argentina (ARS), menyusul inflasi yang terus-menerus terjadi di Argentina. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Inflasi Argentina Mendorong Harga BTC ke Level Tertingginya

Menurut data harga agregat yang dilacak oleh Google Finance, pada tanggal 18 April 2023, exchange rate BTC ke ARS melampaui 6,59 juta ARS. Sejak puncaknya, exchange rate telah terkoreksi menjadi sekitar 6 juta ARS, turun 9%, tetapi masih naik lebih dari 100% secara year-to-date (YTD).

harga bitcoin ke peso argentina
Performa Harga BTC/ARS Sejauh Ini di Tahun 2023. Sumber: Google Finance

Pertumbuhan Bitcoin di pasar Argentina bertepatan dengan devaluasi ARS yang terus berlanjut. Contohnya, para trader membayar 460 ARS untuk membeli $1 dari black market pada tanggal 24 April 2023, lebih dari dua kali lipat spot rate, yaitu 220 ARS untuk $1.

Di saat yang sama, Bitcoin dan cryptocurrency serupa yang beroperasi di luar lingkup pemerintah dan bank sentral semakin banyak bermunculan sebagai alternatif. Sebagai contoh, data menunjukkan bahwa volume mingguan peer-to-peer Bitcoin di Argentina mencapai rekor tertinggi hampir $30 juta pada bulan Maret 2023 di exchange Paxful.

volume mingguan bitcoin di argentina
Volume Mingguan Bitcoin di Argentina. Sumber: Paxful/CoinDance

Selain itu, sebuah studi pada tahun 2022 menemukan bahwa hampir 60% orang Argentina percaya pada kemampuan Bitcoin untuk menjaga nilai tabungan mereka dalam jangka panjang. Salah satu exchange cryptocurrency populer di AS, juga merekomendasikan BTC sebagai alat pembayaran yang sah di Argentina.

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Bitcoin Mendapatkan Daya Tarik di Argentina

daya tarik bitcoin di argentina
Sumber: BeInCrypto

Sebelumnya pada bulan April 2023, National Commission of Value (CNV), regulator sekuritas Argentina, menyetujui Bitcoin-based futures index di exchange Matba Rofex yang akan memulai debutnya pada bulan Mei 2023.

Derivatif ini, yang ditetapkan dalam Peso, akan memungkinkan investor terakreditasi untuk mendapatkan eksposur ke pasar Bitcoin.

Selain itu, RUU yang baru-baru ini diusulkan oleh Kementerian Ekonomi meminta warga negara untuk mendeklarasikan kepemilikan crypto mereka dan memberi insentif kepada mereka dengan manfaat pajak. Baca berita lengkapnya di Laporin Kepemilikan Crypto Bisa Dapet Diskon Pajak? Cuma Ada di Argentina!

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: