Bitcoin dan Altcoin Meroket, Seberapa Besar Potensi Cuannya?

Bitcoin dan Altcoin Meroket, Seberapa Besar Potensi Cuannya?

Pasar mata uang crypto sedang bergejolak, dengan Bitcoin mencapai kapitalisasi pasar $1 triliun pada 14 Februari 2023. Hal ini didorong oleh permintaan yang kuat dari ETF Bitcoin yang baru diluncurkan. Data menunjukkan bahwa ETF tersebut mencatat aliran masuk lebih dari $600 juta hanya pada 13 Februari.

Harga Bitcoin: Bersiap Uji Level $52.000

Harga Bitcoin: Bersiap Uji Level $52.000
Coinglass

Bitcoin memulai fase selanjutnya dari tren naik setelah menembus resistensi $48.970 pada 12 Februari. Level $52.000 kemungkinan akan bertindak sebagai rintangan signifikan bagi para pembeli. Jika harga berbalik turun dari resistensi di atas dan menembus di bawah $48.970, itu akan menunjukkan pembentukan puncak jangka pendek.

Baca Juga:

Indeks Fear and Greed crypto mencapai skor 79 pada 13 Februari, menunjukkan “keserakahan ekstrem”. Selama fase bull yang kuat, sentimen dapat tetap berada di zona keserakahan ekstrem untuk waktu yang lama, tetapi semakin tinggi harga, semakin besar risiko koreksi.

Altcoin: Ethereum, Solana, BNB, dan Lainnya

Altcoin: Ethereum, Solana, BNB, dan Lainnya
Coin360

Ethereum melanjutkan momentumnya setelah menembus resistensi $2.400. Para pembeli mendorong harga di atas resistensi $2.717 pada 14 Februari, menandakan dimulainya kembali tren naik. Waktu hampir habis bagi para penjual, dan mereka harus menarik dan mempertahankan harga di bawah $2.600 untuk melemahkan para pembeli.

Solana berhasil mempertahankan pengujian ulang level penembusan $107. Ada resistensi kecil di $117, tetapi jika terlewati, pasangan SOL/USDT dapat naik ke resistensi overhead yang kuat di $127.

BNB/USDT dapat mencapai resistensi overhead di $338, dan jika berhasil ditembus, dapat melaju ke $360 dan selanjutnya ke $400.

XRP, Cardano, Avalanche, Dogecoin, Chainlink, dan Polkadot
TradingView

XRP terus menyaksikan pertarungan sengit antara pembeli dan penjual di dekat EMA 20 hari ($0,52). EMA 20 hari yang datar dan RSI di dekat titik tengah tidak memberikan keuntungan yang jelas bagi pembeli atau penjual.

Cardano telah menembus pola saluran menurun pada 12 Februari tetapi masih berjuang untuk memulai pergerakan naik. EMA 20 hari yang menanjak ($0,52) dan RSI di wilayah positif memberi sedikit keuntungan bagi pembeli.

Avalanche menghadapi penjualan di $42, tetapi tanda positifnya adalah bahwa pembeli belum menyerahkan banyak posisi kepada penjual. EMA 20 hari yang naik ($37,12) dan RSI di wilayah positif menunjukkan kemungkinan penembusan di atas $42.

Dogecoin telah diperdagangkan di dekat moving average selama beberapa hari terakhir, menunjukkan keseimbangan antara pembeli dan penjual. Pembeli akan menang jika mereka mengatasi rintangan di garis tren turun.

Chainlink telah mundur dalam tren naik, menunjukkan aksi ambil untung oleh pedagang jangka pendek di dekat $20,85. Jika harga berbalik naik dan menembus di atas $20,85, pasangan LINK/USDT dapat melonjak ke target pola $21,79.

Setelah menghadapi resistensi di SMA 50 hari ($7,28) selama beberapa hari, para pembeli akhirnya mendorong Polkadot di atas rintangan overhead pada 13 Februari. Kenaikan di atas SMA 50 hari meningkatkan kemungkinan kegagalan pola H&S.

Penutup: Peluang dan Risiko

Pasar mata uang crypto menawarkan peluang keuntungan yang besar, tetapi juga disertai dengan risiko yang tinggi. Sebelum berinvestasi, penting untuk memahami risiko yang terlibat dan melakukan riset yang cermat. Konsultasikan dengan penasihat keuangan untuk mendapatkan saran investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan Anda.

Baca Juga:

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi