Berawal Dari Meme, Berapa Harga Awal Dogecoin (DOGE)?

Berawal Dari Meme, Berapa Harga Awal Dogecoin (DOGE)?

Siapa yang tak mengetahui Dogecoin (DOGE)? Koin crypto yang satu ini selalu menjadi perbincangan karena dianggap sebagai salah satu koin favorit Elon Musk. Menurut ATHCoinIndex, DOGE sempat menyentuh harga tertingginya di harga $0,7 yang setara dengan Rp10.761 (kurs $1 = RP15.374) pada 8 Mei 2021.

Untuk mencapai ATH tersebut, DOGE perlu naik hingga ratusan bahkan ribuan persen. Namun, pernahkah terpikir berapa harga awal Dogecoin ketika peluncuran? Ketahui juga bagaimana Dogecoin diciptakan, simak berita lengkapnya berikut ini!

Berapa Harga Awal Dogecoin?

Berapa Harga Awal Dogecoin?
Sumber: Freepik Premum License

Dilansir dari SoFi, pada tanggal 15 Desember 2013, harga awal Dogecoin (DOGE) adalah $0,0002, yakni ketika pertama kalinya DOGE masuk dan diperdagangkan ke beberapa exchange crypto. DOGE menjadi populer di kalangan pengguna crypto, dan dua minggu setelah peluncurannya, saluran Reddit r/Dogecoin mulai menarik ribuan pengguna dan kontributor.

Hanya dalam dua minggu pertama setelah peluncurannya, harga DOGE melonjak dari $0,0002 menjadi $0,0023, yang mana mengalami lonjakan sebesar 1.061%. Dilansir dari Forbes, pada pertengahan 2021, Dogecoin secara konsisten berada di posisi 5 teratas berdasarkan total kapitalisasi pasar.

Lalu, bagaimana harga Dogecoin di tahun 2023 ini? Apakah DOGE masih menempati 5 teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya seperti tahun 2021?

Baca Juga: Tergila-gila DOGE! 3 Juta Warga India Miliki Dogecoin, Banyak yang Cuan!

Berapa Harga Dogecoin Sekarang?

Harga Dogecoin Sekarang
Sumber: Coinmarketcap

Setelah sempat mencapao ATH nya pada tahun 2021 lalu, berapa harga Dogecoin saat ini? Jika dilihat dari market Pintu, harga Dogecoin per 20 Maret 2023 adalah Rp1.152. Menurut coinmarketcap, DOGE menempati posisi ke-9 berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Per 20 Maret 2023, market cap Dogecoin menyentuh $9,9 miliar, sementara itu volume perdagangan Dogecoin mencapai $353 juta.

Baca Juga: Analisa dan Prediksi Harga DOGE 2023, 2025, 2030: Bisa Capai $1? Ini Kata Elon Musk!

Bagaimana Dogecoin (DOGE) Diciptakan?

Bagaimana Dogecoin (DOGE) Diciptakan?
Sumber: The Coin Republic

Dogecoin (DOGE) merupakan koin meme terkenal yang diluncurkan pada tahun 2013.  Berdasarkan meme internet yang viral tentang anjing Shiba Inu Jepang, Dogecoin diciptakan oleh dua insinyur yang bernama Billy Marcus dan Jackson Palmer, pada tahun 2013.

Doge pada awalnya dirancang untuk menjadi sistem pembayaran berbasis blockchain yang sederhana. Namun, dengan cepat menarik banyak pendukung yang mengembangkan kasus penggunaan baru untuknya, termasuk bot layanan pemberian tip pihak ketiga yang disebut “DogeTipBot” yang terhubung dengan Reddit, di mana pengguna dapat mengirimkan tip untuk konten yang diposting di situs tersebut.

Referensi: