Hanya 6 Altcoin di Top 50 yang Mengungguli Bitcoin Tahun Ini, DOGE Salah Satunya!

Hanya 6 Altcoin di Top 50 yang Mengungguli Bitcoin Tahun Ini, DOGE Salah Satunya!

Jakarta, Pintu News – Harga Bitcoin telah tumbuh 54% sejak awal tahun 2024, dan hanya enam altcoin dari 50 teratas yang berkinerja lebih baik. Kira-kira apa sajakah 6 altcoin tersebut? dan bagaimana pergerakan harganya? Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Altcoin Berkinerja Terbaik di Tahun 2024

Di antara 50 token teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, hanya enam altcoin yang berhasil mengungguli Bitcoin (BTC) sejauh tahun ini, karena dominasi Bitcoin mencapai titik tertinggi tiga tahun selama akhir pekan.

dogecoin runestone
Sumber: Bitcoinist

Memecoin Dogecoin (DOGE) berdiri sebagai altcoin dengan kinerja terbaik di 50 teratas, setelah membukukan keuntungan year-to-date lebih dari 77% — naik dari $0,09 pada 1 Januari menjadi $0,15 pada saat publikasi.

Termasuk dalam kinerja terbaik lainnya adalah sesama memecoin Shiba Inu (SHIB), jaringan smart contract Bitcoin Stacks (STX), Binance (BNB), jaringan Ethereum layer-2 Mantle (MNT), dan jaringan blockchain berbagi GPU Render (RNDR).

Baca Juga: 5 Proyek Teratas yang Memimpin Narasi Crypto AI pada tahun 2024

Bitcoin Mendominasi Pasar

harga bitcoin naik
Generated by AI

Bitcoin telah tumbuh dari harga $44.100 pada 1 Januari menjadi $65.000 pada saat publikasi, keuntungan year-to-date sebesar 54%.

Banyak yang mengaitkan kenaikan harga dengan arus masuk institusional yang konsisten ke dalam 10 dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin yang disetujui di Amerika Serikat pada bulan Januari tahun ini, menghasilkan lebih dari $12 miliar dalam arus masuk bersih kumulatif.

Khususnya, dominasi Bitcoin mendorong ke level tertinggi tiga tahun baru 56,5% pada 13 April, karena cryptocurrency tersebut bangkit kembali dengan tajam dari aksi jual di seluruh pasar yang dipicu oleh meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Baca Juga: 5 Crypto Crime yang Harus Diwaspadai

Altcoin Lain Terpuruk

Sementara Bitcoin pulih dalam beberapa hari berikutnya, sebagian besar altcoin yang lebih kecil gagal menemukan pijakan mereka dan harganya turun secara signifikan. Jaringan layer-1 alternatif Aptos (APT) dan bursa kripto terdesentralisasi Uniswap (UNI) memimpin penurunan di antara 50 token teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, membukukan kerugian masing-masing sebesar 35% dan 31%, dalam tujuh hari terakhir.

Dalam catatan investasi 14 April yang dilihat oleh Cointelegraph, analis IG Market Tony Sycamore mengatakan Bitcoin tampaknya berada di jalur penurunan mingguan keempatnya, dengan ekspektasi tidak ada lagi kenaikan suku bunga Federal Reserve AS yang membebani sentimen investasi kripto.

Terlepas dari sentimen negatif saat ini terhadap aset berisiko, Sycamore memperkirakan bahwa Bitcoin secara bertahap akan naik menjadi sekitar $80.000 dalam beberapa bulan mendatang — tergantung pada apakah ia dapat bertahan di atas tanda support utamanya atau tidak.

Kesimpulan

Bitcoin telah mengalami kenaikan harga yang signifikan sejak awal tahun 2024, dengan enam altcoin dari 50 teratas berhasil mengungguli kinerjanya. Namun, sebagian besar altcoin lainnya mengalami penurunan harga, dengan Aptos dan Uniswap memimpin penurunan. Dominasi Bitcoin juga mencapai titik tertinggi tiga tahun, menunjukkan kekuatan relatifnya di pasar mata uang kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi