Pemilik Bored Ape Yacht Club(BAYC) Hampir Tertipu oleh Penipuan Berkedok Forbes?

Pemilik Bored Ape Yacht Club(BAYC) Hampir Tertipu oleh Penipuan Berkedok Forbes?

Pemilik Bored Ape Yacht Club (BAYC) baru-baru ini hampir saja menjadi korban penipuan yang mengklaim diri sebagai Forbes. Penipu yang berkedok sebagai wartawan Forbes berusaha mencuri aset digital miliknya dengan cara yang cukup kreatif, yaitu dengan meminta korban untuk mengambil pisang. Apa yang terjadi? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Modus Operandi Penipuan yang Cerdik

Pada tanggal 27 November, seorang kolektor token nonfungible (NFT) yang dikenal dengan nama “Crumz” membagikan pengalamannya dengan penipu yang mengaku sebagai wartawan Forbes. Seorang individu yang mengaku sebagai Robert LaFanco, seorang editor Forbes yang sebenarnya, mengontaknya melalui pesan langsung dari akun tiruan dengan penawaran wawancara untuk artikel baru tentang BAYC.

Selama wawancara, penipu meminta Crumz untuk mengklik tombol yang memungkinkan akses untuk merekam wawancara. Crumz mengikuti instruksi dari penipu tersebut meskipun ada beberapa indikasi mencurigakan, termasuk penggunaan akun Zoom non-premium dan keinginan untuk menggunakan bot perekam layar yang berbeda.

Baca Juga: Yuga Labs Mengadakan Open House Pertama untuk BAYC di Hong Kong! Tertarik Ikut?

Upaya Mengelak dari Penipuan

penipuan berkedok forbes
Sumber: Akun X Crumz

Crumz kemudian menyadari bahwa permintaan untuk mengambil pisang hanyalah upaya untuk mengalihkan perhatiannya dari komputer. Selama ia pergi, penipu akan mengambil alih kontrol komputer dan mencuri asetnya. Namun, Crumz memilih untuk tetap di dekat komputer dan benar saja, penipu mulai mengendalikan layarnya.

Borowik.eth, rekan dari kasino crypto Rollbit, juga mengingatkan 140.000 pengikutnya di X (sebelumnya Twitter) tentang penipuan ini pada 27 November. Ia menunjuk akun palsu bernama Robert LaFranco, yang profilnya mengklaim bahwa ia adalah asisten editor manajemen Forbes.

Penipuan seperti ini semakin sering terjadi di dunia crypto. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam setiap transaksi atau interaksi yang kamu lakukan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: