Menghitung Hari Menuju Halving Bitcoin 2024: Siapkah Harga BTC Melonjak ke $75.000?

author:

Menghitung Hari Menuju Halving Bitcoin 2024: Siapkah Harga BTC Melonjak ke $75.000?

Jakarta, Pintu News – Menjelang peristiwa halving Bitcoin yang sangat dinantikan pada April 2024, yang hanya berjarak 20 hari lagi, harga Bitcoin (BTC) telah menunjukkan kekuatan yang signifikan.

Pada awal April (1/4/24), Bitcoin diperdagangkan pada level $69.500 dengan kapitalisasi pasar sebesar $1,366 triliun, menandakan momentum yang positif menjelang halving.

Pecahnya Rekor Bitcoin Menuju Halving Bitcoin

Menurut analis crypto Rekt Capital, Bitcoin telah memulai proses breakout, ditandai dengan penutupan mingguan di atas rentang tertinggi.

Baca juga: 3 Minggu Menjelang Bitcoin Halving, Harga BTC Diprediksi Capai $20.000!

Sumber: Trading View – Coingape

Analis tersebut menyarankan agar Bitcoin mengkonsolidasikan breakout ini, mungkin perlu menyelam ke dalam rentang tinggi untuk efektif menguji ulang sebagai dukungan baru sebelum melanjutkan lintasan naiknya, sehingga menyelesaikan langkah kedua untuk sepenuhnya mengonfirmasi breakout.

Dengan demikian, harga Bitcoin dapat melanjutkan perjalanannya menuju $75.000 saat kita semakin mendekati halving. Selain itu, Bitcoin juga telah memberikan penutupan bulanan pertamanya di atas rekor tertinggi sebelumnya sebesar $69.000, yang merupakan indikator bullish lainnya.

CEO dan Chief Investment Officer Morgan Creek Capital Management, Mark Yusko, menyatakan bahwa reli harga BTC yang signifikan kemungkinan akan terjadi setelah peristiwa halving bulan ini. Yusko juga memperkirakan harga BTC akan mencapai $150.000 pada akhir tahun ini.

Aksi Harga BTC Menjelang Halving

Menjelang peristiwa halving Bitcoin, sangat penting untuk mempertimbangkan lintasan suku bunga Federal Reserve dan aliran data ETF-spot BTC.

Dengan pasar ETF-spot BTC AS tutup pada Jumat (29 Maret), investor harus menunggu hingga 1 April untuk bereaksi terhadap Laporan Pendapatan dan Pengeluaran Pribadi serta komentar dari Ketua Fed Powell.

Baca juga: Harga BTC Mendekati $70.000 di Akhir Q1, Gimana Prospeknya di Q2?

Selanjutnya, menjelang minggu ini, Amerika Serikat dijadwalkan untuk mengungkapkan data non-farm payroll dan tingkat pengangguran untuk bulan Maret. Jika pasar ETF-spot BTC mengalami penurunan dalam arus masuk bersih atau mencatat total arus keluar bersih selama sesi, Bitcoin bisa menjadi lebih responsif terhadap indikator ekonomi AS minggu ini.

Pengaruh ETF-spot BTC dan GBTC

Sentimen terhadap pasar ETF-spot BTC bergantung pada penurunan berkelanjutan dalam arus keluar bersih untuk Grayscale Bitcoin Trust (GBTC).

GBTC mengamati total arus keluar bersih sebesar $967,1 juta pada minggu yang berakhir pada 28 Maret, menandai penurunan dari $2.001,3 juta arus keluar bersih yang tercatat pada minggu sebelumnya.

Dengan peristiwa halving Bitcoin yang semakin dekat, pasar crypto menantikan dengan penuh antisipasi untuk melihat apakah harga BTC akan mengikuti tren kenaikan yang diharapkan.

Apakah kita akan menyaksikan lonjakan harga yang signifikan, atau apakah pasar akan mengambil rute yang tidak terduga?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: