Analisis Coinbase: Periode Lemah Tahunan Jadi Ujian untuk Halving Bitcoin Kali Ini!

Analisis Coinbase: Periode Lemah Tahunan Jadi Ujian untuk Halving Bitcoin Kali Ini!

Jakarta, Pintu News – Dunia crypto kembali berada di ambang peristiwa penting yang dapat mengubah arah pasar. Dengan pendekatan halving Bitcoin, banyak yang mempertanyakan: apakah ini akan menjadi titik balik untuk harga Bitcoin, atau apakah kita akan menyaksikan penurunan karena faktor-faktor musiman?

Halving Bitcoin: Harapan Baru atau Hambatan Lama?

btcd chart
Bitcoin Dominance chart. Sumber: CoinStats

Halving Bitcoin, yang dijadwalkan terjadi sekitar tanggal 20 atau 21 April, telah menjadi topik hangat di kalangan investor dan pengamat pasar. Peristiwa ini, yang secara historis dikaitkan dengan lonjakan harga, kali ini harus menghadapi tantangan tambahan. Menurut Coinbase, periode ini biasanya merupakan waktu yang lemah untuk pasar crypto dan aset berisiko lainnya.

Dengan rata-rata pengembalian bulanan Bitcoin sekitar 2,7% dari Juni hingga September sejak tahun 2011, dibandingkan dengan 19,3% di bulan-bulan lain, dinamika musiman ini tidak bisa diabaikan.

Selain itu, volume perdagangan crypto secara keseluruhan telah menunjukkan penurunan, mencerminkan perlambatan minat pasar. Dalam 24 jam terakhir, volume total crypto mencapai $61,78 miliar, turun 33,25% dari hari sebelumnya. Meskipun demikian, Coinbase melihat tanda-tanda yang menunjukkan kemungkinan peningkatan investor baru di pasar crypto dalam waktu dekat.

Baca Juga: 3 Altcoin Potensial yang Siap Melonjak di April 2024!

Prediksi dan Sentimen Pasar: Navigasi Melalui Ketidakpastian

prediksi titan of crypto
Sumber: Akun X Titan of Crypto

Analisis pasar menunjukkan prediksi yang beragam mengenai masa depan Bitcoin pasca-halving. Seorang analis crypto populer, Titan of Crypto, memprediksi bahwa Bitcoin dapat mencapai setidaknya $100.000, didorong oleh volatilitas yang diharapkan setelah pengetatan Bollinger Bands. Namun, analis juga memperingatkan terhadap pengaruh sentimen pasar yang bisa menghambat potensi keuntungan.

Laporan Coinbase menambahkan bahwa mayoritas investor Bitcoin menganggap halving sebagai acara utama yang akan memompa harga perdagangan. Namun, ada kekhawatiran bahwa hal ini dapat menyebabkan penjualan massal Bitcoin pasca-halving, yang berpotensi merugikan pasar crypto secara keseluruhan.

Baca Juga: 3 Meme Coin yang Siap Meledak di April 2024!

Mencari Narasi Baru: Kunci untuk Momentum Bullish

Pasar Bitcoin saat ini membutuhkan narasi baru untuk mendapatkan momentum bullish. Tanpa ini, pasar mungkin menghadapi volatilitas tinggi dengan penurunan harga daripada lonjakan. Meskipun volume perdagangan menurun tajam, masih ada harapan untuk narasi baru yang dapat membangkitkan sentimen bullish di pasar.

Tim Bitcoinik menekankan bahwa meskipun ada ketidakpastian, banyak pemain besar kemungkinan akan tetap aktif dalam investasi Bitcoin pasca-halving. Sejarah telah menunjukkan bahwa Bitcoin selalu mengalami peningkatan 100% dalam harga perdagangan setelah halving, memberikan harapan bagi masa depan pasar.

Kesimpulan

Dengan mendekatnya halving Bitcoin, pasar crypto berada di persimpangan. Apakah ini akan menjadi momen yang menentukan untuk lonjakan harga, atau apakah faktor-faktor musiman akan menahan potensi pertumbuhannya? Hanya waktu yang akan menjawab, tetapi satu hal yang pasti: dinamika pasar crypto selalu penuh dengan kejutan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: